Pengaruh Media Pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5577Keywords:
Media Pembelajaran MIPO, Ide Pokok, Siswa Kelas IIIAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan menetukan ide pokok pada siswa kelas III di SD Islam Al-Falah masih relatif rendah, terutama pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dari penggunaan media pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) terhadap kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen, yaitu rancangan pre-eksperimental design dengan desain penelitian the one-group pretest-postest design. Pada penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana peneliti memilih secara acak 11 siswa dari populasi yang ada. Pada penelitian ini, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai t-hitung = 7.732 lebih dari t-tabel = 2.228, sehingga dapat dikatakn H0 ditolak. Sig. juga memiliki nilai 0.000 yang mana melebihi 0.025 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran MIPO (Mencari Ide Pokok) terhadap kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas III SD Islam Al-Falah
References
Seso ,Y. M, dkk (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda, Vol 4 (1), 74-80
Kartika, M. P (2018). KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Jurnal Onomoa: Pendidikan, Pengajaran Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cakroaminoto Palopo. Vol 1 (2), 58-72
Inawati, Darningwati (2020). KEMAMPUAN MAHASISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI TEKNIK SKIMMING. Jurnal Bindo Sastra. Vol 4 (1), 69-76
Moto, Maklonia M (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal Of Primary Education. Vol 3 (1) 20-28
Susilowati, S (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE†. (1). 41-49
Kamsul, Khotijah. STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT DAN GEMAR MEMBACA. http://edokumen.kemenag.go.id/ files/G4pKDLun1338123296.pdf
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Nisa, I. K. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbantuan Board Game Terhadap Hasil Belajar Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas Iva Sdn Petompon 02 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Nurajijah, A. (2018). Menggunakan Media Kartu Cerita Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Pada Pelajaran Bahasa Indonesia (Ptk Di Kelas Iv Sdit Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten
Alpian, V.S, Yatri, I.(2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman paa siswa sekolah dasar. EDUKATIF:Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 4 (4).
Santika, I.G.N, Sudiana, I.N. (2021). INSERSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORETIS. Jurnal pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS
Fauziah, H. Hidayat, M.T. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar “Ayo Belajar Membaca†dan “Marbel Membaca†pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. Vol 6 (3)
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.
Suparmi. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Game Education “ Marbel Huruf †Pada Siswa Autis Kelas 1 Di Sdlbn Manisrejo Kota Madiun. I(2).
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dari Berbagai Aspeknya. Kencana.
Tjoe, J. L. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia (Action Research, Kelompok B TK. Kristen Anugerah Jakarta, Tahun 2012). Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 7, 248.
Friantary, H. (2018). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Disastra. Vol 1 Nomor 1.
Rusanti, F. dkk. (2022). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Pada Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3 SD. Jurnal Pendidika Dasar Flobamorata. Vol 3 (2).
Arsyad Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa
Rani, A. N. A. (2016). Hubungan Antara Penggunaan Media Kartu Gambar Cerita Berseri Dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).