Menstimulasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak-Anak dalam Menunjang Kebutuhan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Pemrograman Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5616Keywords:
abad ke-21, berpikir kritis, pemrograman sederhana, keterampilan 4CAbstract
Abad ke-21 merupakan masa perkembangan teknologi yang menimbulkan perubahan global yang signifikan. Dalam menghadapi perubahan signifikan tersebut, pendidikan memiliki peran untuk mempersiapkan sumber daya manusia dengan menstimulasi dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Keterampilan 4C merupakan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ini. Salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah dengan cara menganalisis dan menelaah secara sistematis informasi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan melalui pemrograman sederhana dapat relevan dengan kemajuan teknologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur. Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa menstimulus keterampilan berpikir kritis kepada anak-anak memiliki peluang yang baik terlebih lagi pada anak usia dini. Pemikiran kritis anak dapat dilatih melalui pemrograman sederhana. Telah banyak platform pemrograman sederhana khusus anak-anak sehingga dapat mengeksplor cara berpikirnya yang logis dan terstruktur dalam memecahkan masalah. Menstimulasi berpikir kritis anak dapat dengan car aini akan membuat anak-anak tidak merasa bosan karena desain tampilan serta fitur-fiturnya telah disesuaikan
References
Anggreani, C. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343–360.
Apriliantika, H. S., & Maulida‘Ibadillah, R. (2022). Pembentukan Soft Skill Melalui Pengalaman Berorganisasi pada Mahasiswa. Dalam R. D. Noorrizki (Ed.), Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (hlm. 196–203). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.
Basri, H., Purwanto, P., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Geist, E. (2016). Robots, Programming and Coding, Oh My! Childhood Education, 92(4), 298–304. https://doi.org/10.1080/00094056.2016.1208008
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.
Meccawy, M. (2017). Raising a programmer: Teaching Saudi children how to Code. International Journal of Educational Technology , 4(2), 56–65.
Moraiti, I., Fotoglou, A., & Drigas, A. (2022). Coding with Block Programming Languages in Educational Robotics and Mobiles, Improve Problem Solving, Creativity & Critical Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(20), 59–78. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i20.34247
Nugraha, A., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Papadakis, S. (2021). The Impact of Coding Apps to Support Young Children in Computational Thinking and Computational Fluency. A Literature Review. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.657895
Papavlasopoulou, S., Giannakos, M. N., & Jaccheri, L. (2019). Exploring children’s learning experience in constructionism-based coding activities through design-based research. Computers in Human Behavior, 99, 415–427. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.008
Popat, S., & Starkey, L. (2019). Learning to code or coding to learn? A systematic review. Computers & Education, 128, 365–376. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.10.005
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Roudlo, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemdirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).
Sugara, H., & Mutmainnah, F. (2020). Peran Guru PPKn dalam Membangun Karakter Bangsa sebagai Respon dan Tantangan Abad Ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 16–30.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolingustics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Willingham, D. T. (2020). How to Teach Critical Thinking. Education: Future Frontiers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Hashina Qiamu Mumtaziah, Nuur Wachid Abdul Majid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).