Pengembangan Media Mapena Berbasis Nilai Sosial untuk Meningkatkan Retensi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Itsna Oktaviyanti Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Husniati Husniati Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Ida Ermiana Universitas Mataram, Indonesia
  • Baiq Niswatul Khair Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5702

Keywords:

MAPENA, nilai sosial, retensi siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran MAPENA  berbasis nilai sosial pada materi pengaruh letak geografis terhadap mata pencaharian dan budaya di Indonesia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran MAPENA berbasis nilai sosial untuk meningkatkan retensi siswa SD Negeri 1 Kuta. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Kuta Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IVB.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 97,5%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 91,17%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 98,1%. Hasil tes retensi siswa setelah menggunakan media MAPENA berbasis nilai sosial menunjukkan kenaikan sebesar 13%. Meskipun tidak signifikan, akan tetapi hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas IV B SD Negeri 1 Kuta masih mengingat materi yang telah disampaikan pada bulan sebelumnya, bahkan mengalami peningkatan

References

Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi …. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/386

Adly Azka Rifqi. (2020). ANALISIS RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KAMPAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Guntara, R. (2014). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Retensi Siswa pada Konsep Fotosintesis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Idianto, M. (2004). Sosiologi Untuk SMA Kelas X. Airlangga.

Itsna, O., Joko, S., & Hamdan, atmaja tri. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa SD. Journal of Primary Education, 5(2), 113–119.

Karma, I. N., Oktaviyanti, I., Wira, L., & Amrullah, Z. (2023). Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Perilaku Sosial Ditinjau dari Implementasi Nilai Sosial dan Latar Belakang Kultural Mahasiswa PGSD UNRAM. Edukatif, 5(1), 316–327.

Listiyani, L. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Refleksi Kelompok Pada Materi Reaksi Redoks. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1).

Poniman, P. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Permainan Kartu Bergambar. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(1), 48–58. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.441

Raharjo, E. S. dan. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.

Saidihardjo. (1996). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. FIP IKIP.

Soemantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosda Karya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumampouw. (2012). Pembelajaran Genetika dengan strategi RQA Berbasis Keterampilan Metakognitif dan Retensi. Titah Surga.

Triwahyuningsih, T. F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mainan Peta Anak ( MAPENA ) Materi IPS Untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Oktaviyanti, I., Husniati, H., Nurhasanah, N., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Mapena Berbasis Nilai Sosial untuk Meningkatkan Retensi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2175–2185. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5702

Issue

Section

Articles

Citation Check