Pengembangan Media Pembelajaran Flipaclip Berbasis Cartoon Animation Videos sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0

Authors

  • Nurul Nikmatul Imda Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia, Indonesia
  • Adinda Khuzainurrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5906

Keywords:

FlipaClip, kreativitas siswa.

Abstract

Antusiasme dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Namun kenyataan di lapangan, minat belajar siswa masih sangatlah rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran FlipaClip berbasis cartoon animation videos dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar di era society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan tujuan membuat media pembelajaran FlipaClip berbasis cartoon animation videos untuk sekolah dasar dan menentukan kualitas FlipaClip berdasarkan penilaian ahli media dan penilaian teknis. Berdasarkan hasil temuan, ahli media memiliki nilai kelayakan sebesar 71,5% termasuk pada kategori sudah tepat. Uji coba kelompok kecil diperoleh presentase 100%, dengan ketentuan terdapat perubahan sebelum dan sesudah menggunakan FlipaClip dengan ketentuan “Ada". Adapun, hasil minat mengajar guru dan sebagian mahasiswa kampus mengajar yang mengabdi di Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar menunjukkan nilai presentase terbanyak yaitu 85,3% dengan ketentuan tertarik. Sedangkan, salah seorang guru menunjukkan aspek perasaan senang dengan nilai presentase 14,3% berdasarkan pada ketentuan sangat tertarik. Dengan demikian, pembuatan aplikasi FlipaClip berbasis cartoon animation videos dapat meningkatkan minat belajar siswa

References

Agustian, M., Anindyta, P., & Grace, M. (2019). Mengembangkan Karakter Menghargai Perbedaan Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2903

Al-kabi, M., & Sharadgah, F. (2013). Studying the Impact of Using Multimedia Interactive Programs on Children ’ s Ability to Learn Basic Math Skills. 10(3), 305–319. https://doi.org/10.2304/elea.2013.10.3.305

Anam, K. (2022a). … FLIPACLIP, and CAPCUT APPLICATIONS: PERANCANGAN VIDEO PROMOSI IKLAN INDOMIE MENGGUNAKAN APLIKASI IBISPAINT X, FLIPACLIP, DAN CAPCUT. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(3), 10–18.

Anam, K. (2022b). Perancangan Video Promosi Iklan Indomie Menggunakan Aplikasi Ibispaint, Flipaclip, dan Capcut. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(3), 10–18. https://www.journal-siti.org/index.php/siti/article/view/123%0Ahttps://www.journal-siti.org/index.php/siti/article/download/123/15

Anam, M. C., Soelistijo, D., Sahrina, A., & Utomo, D. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Urbanisasi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 641–652. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p641-652

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Ariati, N., & Andriani, Y. (2020). Pengenalan Aplikasi Belajar Online di Tengah Masa Pandemi Pada Kelompok Belajar Ikhtiari Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271

Desrianti, D. I., Firdaus, A. N., & Gunawan, D. P. (2017). Animasi Dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. CCIT Journal, 10(1), 114–126. https://doi.org/10.33050/ccit.v10i1.526

Dewantara, A. harpeni, B, A., & Harnida, H. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat5 Belajar5 Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JBSD, 4(2), 47–53.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Harjono, A., Gunawan, & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14.

Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. B. (2022a). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Mi Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237–252. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873

Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. by. (2022b). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya kelas VI dalam suatu pembelajaran di kelas dari pembelajaran sehingga dapat. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 16.

Masykur, R., Nofrizal, ;, & Syazali, ; Muhamad. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. Ejurnal.Iainlhokseumawe.Ac.Id, 8(2), 177–186.

Nopitasari, E., Fadhilah, D. L., Khaerunnisa, V., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Animasi Tono dan Tini Sebagai Media Penyampaian Akhlak Mulia Bagi Siswa Kelas 1 SD. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 10. https://doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21131

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556

Puspitasari, P., Jaya, P. S. P., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232.

Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700

Setiaji, R. S. (2020). Begitu pula dalam menciptakan sebuah karya seni dan desain dapat memanfaatkan teknologi. Imaji, Vol. 18, N, 72–78.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Imda, N. N., Khuzainurrohmah, A., & Saefudin, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipaclip Berbasis Cartoon Animation Videos sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(4), 2248–2260. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5906

Issue

Section

Articles

Citation Check