Peran Serta Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Kualitas Fasilitas Pendidikan pada Era Merdeka Belajar

Authors

  • Sari Febrianti Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Nikmah Hayati Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Fifin Wildanah Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Luthfiani Luthfiani Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5964

Keywords:

Komite Sekolah, Fasilitas Sekolah, Merdeka Belajar

Abstract

Fasilitas pendidikan adalah salah satu aspek krusial yang perlu dikelola oleh sekolah untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar secara optimal yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik. Pada era pendidikan yang modern selaras dengan implementasi kurikulum merdeka sekolah harus menyediakan fasilitas pendidikan yang maksimal demi lancarnya kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat terwujud tidak terlepas dari kontribusi stakeholder sekolah. Pengadaan dan pemeliharaan dari fasilitas pendidikan di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah saja namun seluruh stakeholder sekolah termasuk komite sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana peran serta komite sekolah terhadap peningkatan kualitas fasilitas pendidikan di SMK Negeri 4 Tangerang Selatan di era merdeka belajar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan penjaringan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan kualitas fasilitas pendidikan melalui peran serta komite sekolah pada era merdeka belajar di SMK Negeri 4 Tangerang Selatan sudah cukup baik dilaksanakan namun masih ada beberapa peran serta komite sekolah yang belum dijalankan secara maksimal dan akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan peningkatan fasilitas pendidikan guna meraih tujuan pendidikan SMK dan mencetak lulusan yang unggul, berkualitas dan berdaya saing

References

Abin, M. R. (2017). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 87–102.

Askan, A., & Kusmanto, A. S. (2022). Peran Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6325–6335.

Basith, A., & Rahmawati, I. (2020). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 14–25.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitati and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Faridah. (2023). Peran Komite Sekolah Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 66–75.

Ibrahim, Kurniawan, A. M., & Zainuri, A. (2022). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sarana dan Prasarana di MTs Mambaul Ulum Musi Banyuasin. DIRASAH, 5(1), 1–22.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3, 63–70.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2022, June 30). Merdeka Belajar, Ikhtiar Memperkuat Pilar Pendidikan. Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id/.

Lathifah, R., Maharani, T., Agustin, S. P., Chaerunisa, F., Septian, W. M., & Setianingsih, E. R. (2022). Inovasi Nadiem Makarim Mengenai Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2, 115–123.

Miles and Hubarman. (2013). Analisis Data Kualitatif (Tjetjeb Rohendi Rohandi (ed.). Universitas Indonesia.

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munadhommah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 75–87.

Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8, 1–8.

Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 15–33.

Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Sukabina Press.

Widodo, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Di Era New Normal Secara Daring Dengan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional, 412–421.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Febrianti, S., Hayati, N., Wildanah, F., & Luthfiani, L. (2023). Peran Serta Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Kualitas Fasilitas Pendidikan pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2065–2074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5964

Issue

Section

Articles

Citation Check