Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Seprian Ilham STAI Yayasan Kebangkitan Islam Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5974

Keywords:

Augmented reality, Hasil belajar siswa, Siswa sekolah dasar

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi sebab minimnya pemakaian media pembelajaran pada mata pelajaran matematika pada bahasan materi bangun ruang, sehingga masih banyak siswa kurang menguasai bahasan materi tentang bangun ruang . Tujuan riset ini merupakan guna mengenali pengaruh media augmented reality bangun ruang terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar . Jenis riset ini merupakan riset kuantitatif dengan metode Eksperimental, desain pada riset ini yang digunakan merupakan Pre - experimental dengan Desain One – Group Pretest - Posttest Design . Populasi dari riset ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD IT Ar - Rahmah.  Teknik pengambilan sampel digunakan merupakan teknik Purposive Sampling. Validitas instrumen memakai judgment expert, setelah itu diuji cobakan serta dihitung dengan rumus korelasi product moment.  Uji hipotesis riset ini memakai uji Paired T - test. Teknik analisis data gain - test dilakukan guna mengetahui terdapat kenaikan pemahaman siswa dalam Riset ini. Riset ini dianalisis dengan memakai Paired Sample T- test serta gain test, Berdasarkan Paired Sample T- test diperoleh nilai signifikansi= 0. 000, yang berarti lebih kecil dari 0.05, Dengan demikian H0 ditolak serta Ha diterima, ini menujukkan ada perbedaan signifikan dalam hasil belajar siswa sekolah dasar yang memakai media Augmented Reality( AR) dalam dalam mata pelajaran matematika pada bahasan materi bangun ruang serta Bersumber pada perhitungan gain- test yang diperoleh 0. 516 menampilkan media augmented reality bangun ruang bisa menaikkan pemahaman siswa kategori sedang.

References

Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., & Al-Ansi, A. (2023). Analyzing augmented reality (AR) and virtual reality (VR) recent development in education. In Social Sciences and Humanities Open (Vol. 8, Issue 1). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100532

Buchner, J., & Kerres, M. (2023). Media comparison studies dominate comparative research on augmented reality in education. Computers and Education, 195. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104711

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Chang, H. Y., Binali, T., Liang, J. C., Chiou, G. L., Cheng, K. H., Lee, S. W. Y., & Tsai, C. C. (2022). Ten years of augmented reality in education: A meta-analysis of (quasi-) experimental studies to investigate the impact. Computers and Education, 191. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104641

Febrina, S., Rusdiana, L., & Rosmiati, R. (2020). Android-Based Augmented Reality in Education Activity for Children. PIKSEL : Riset Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 8(2), 101–106. https://doi.org/10.33558/piksel.v8i2.2276

Fitri, M., Sibuea, L., Sembiring, M. A., Agus, T. A., Tinggi, S., Informatika, M., & Royal, D. K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Asy Syafi’iyah Internasonal Medan 2 Program Studi Sistem Informasi STMIK Triguna Dharma. In Journal of Science and Social Research (Issue 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Gargrish, S., Mantri, A., & Kaur, D. P. (2020). Augmented reality-based learning environment to enhance teaching-learning experience in geometry education. Procedia Computer Science, 172, 1039–1046. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.152

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/59-72

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Karinaningsih. (2010). Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kaufmann, H., & Schmalstieg, D. (2003). Mathematics and geometry education with collaborative augmented reality. Computers and Graphics (Pergamon), 27(3), 339–345. https://doi.org/10.1016/S0097-8493(03)00028-1

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Nincarean, D., Alia, M. B., Halim, N. D. A., & Rahman, M. H. A. (2013a). Mobile Augmented Reality: The Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 657–664. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.385

Nincarean, D., Alia, M. B., Halim, N. D. A., & Rahman, M. H. A. (2013b). Mobile Augmented Reality: The Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 657–664. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.385

Nurvitasari, I., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Rusli, R., Nalanda, D. A., Tarmidi, A. D. V., Suryaningrum, K. M., & Yunanda, R. (2023). Augmented reality for studying hands on the human body for elementary school students. Procedia Computer Science, 216, 237–244. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.132

Selfia, K. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Augmented Reality bagi Siswa SMK Kelas X. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(2), 164. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.52915

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Riset: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Supriono, N., Rozi, F., & Teknologi Informasi STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur No, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.

Syofian Siregar. (2015). Statistika Parametrik Untuk Riset Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

Talakua, C., & Sesca Elly, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. BIODIK, 6(1), 46–57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061

Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers and Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024

Downloads

Published

2023-09-04

How to Cite

Ilham, S. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2824–2833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5974

Issue

Section

Articles

Citation Check