Pengembangan Media Panca Hati (Papan Baca Khas Pati) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Hernandha Putri Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Ulfatun Nafi’ah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • F Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Layyina Ayu Mawarda Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nailal Muna Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nia Ditta Astari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5990

Keywords:

Kemampuan membaca, media Papan Baca Khas Pati, Kearifan Lokal.

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca siswa SD kelas 1 yang pada umunya sudah harus bisa membaca dan minimal mengenal huruf maupun merangkai huruf menjadi kata. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang pada saat kelas 1 justru belum lancar mengenal huruf apalagi membaca.  Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membangun media papan baca panca hati untuk siswa kelas 1 sebagai media untuk memperkuat kemampuan siswa dalam membaca. Media papan baca ini dilengkapi dengan pengetahuan kearifan lokal khas Pati. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas 1 SDN Kutoharjo 02 yang berjumlah 8 siswa dan 4 diantaranya belum lancar membaca. Ini adalah jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Untuk memulai penilaian kemampuan membaca siswa, angket dan wawancara digunakan. Wawancara dilakukan dengan pendidik kelas untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan pembelajaran, kesulitan membaca siswa, dan metode yang digunakan pendidik untuk menangani masalah membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, uji coba media papan baca khas Pati pada siswa menunjukkan hasil kategori luar biasa. Kemampuan membaca empat siswa telah meningkat sejak awal, meskipun mereka masih menghadapi kesulitan membedakan huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan mengurai kata.

Author Biographies

Annisa Hernandha Putri, Universitas Muria Kudus

Mahasiswa

Ulfatun Nafi’ah, Universitas Muria Kudus

Mahasiswa

F Shoufika Hilyana, Universitas Muria Kudus

Dosen

Layyina Ayu Mawarda, Universitas Muria Kudus

Mahasiswa

Nailal Muna, Universitas Muria Kudus

Mahasiswa

Nia Ditta Astari, Universitas Muria Kudus

Mahasiswa

References

Anderson. (2015). Tujuan Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Artatiana. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas 1 Pada SD Negeri Tarusan Danum dengan Menggunakan PAKEM (Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 28-40.

Hikmawati, Rosyidin, O., & Yuliana, R. (2021). Developing Papan Roda Baca Pintar Media For Early Reading Of Grade 1 Student at SDN Cilegon X. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 213-225.

Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini . Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 1-12.

Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buaol. Jurnal Kreatif Tadulako, 1-14.

Masropah. (2014). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu.

Nurmi, Safei, & Rasyid, M. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDN Mawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 56-61.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-ur'an, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 171-187.

Ridwan, M., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 1 Sabelia Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 184-191.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Pranada Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia:Jurnal Pendidikan Dasar, 1-12.

Wardani, I. (1995). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Putri, A. H., Nafi’ah, U., Hilyana, F. S., Mawarda, L. A., Muna, N., & Astari, N. D. (2023). Pengembangan Media Panca Hati (Papan Baca Khas Pati) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3035–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5990

Issue

Section

Articles

Citation Check