Bentuk Adaptasi yang Dimunculkan Guru Seolah Dasar dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Alfi Jannah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Moh Syafruddin K Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6010

Keywords:

adaptasi, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar yang mendorong guru untuk beradaptasi dengan proses pembelajarannya. Adapun tujuan penelitian untuk menganalisis bentuk adaptasi yang dimunculkan guru kelas IV dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV sekolah dasar di Gugus Diponegoro, Kecamatan Kayen, Pati. Penelitian dilakukan laksanakan pada tiga sekolah di Gugus Dewantoro, Kecamatan Kayen, Kab Pati, dengan mengambil tiga guru kelas IV sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan naratif serta teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dua dari tiga guru kelas beradaptasi dengan keterbiasaan sedangkan sisanya beradaptasi dengan pelarian dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Adaptasi yang dilakukan oleh guru kelas pada proses tahapan implementasi Kurikulum Merdeka masih belum terlaksana dengan semestinya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh guru kelas IV di Gugus Diponegoro masih kurang maksimal. Perlunya peningkatan ketrampilan yang dimiliki guru dan referensi yang menambah pengetahuan guru dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka.

References

BSKAP.Kemdikbud. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Bskap.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf

Danim, S., & Khairil. (2015). Guru - Profesionalisme 1. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal PAUD Dikdas Dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Retrieved from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Lindawati, Y. I., & Raman, C. A. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 60–67.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofiset.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–42.

Nikmah, K., & Rondli, W. S. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Research in Education, 1(2), 1–16.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar (1st ed.). Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Septiana, A. R. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–393.

Setiawan, D., & Kuryanto, M. S. (2023). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Akiibat Dampak COvid 19 di SD Negeri Kebonsawahan 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5948–5959.

Sugiyono. (2017). Metodel Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sunarto, K. (2018). Pengantar Sosiologi (2nd ed.). Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sunaryo, H., Zuriah, N., & Kusniarti, T. (2017). Model Adaptasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sastra Berkarakter. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 10(1).

Tinur, Etria Tika, Iskandar, A. M., & Amir, A. (2021). Pola Adaptasi Sosial Guru pada Pembelajaran Virtual Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 19 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Anak Bangsa, 1(1), 44–47.

Tinur, Etrika Tika, Iskandar, A. M., & Amir, A. (2021). Pola Adaptasi Sosial Guru pada Pembelajaran Virtual Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 19 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 44–47.

Wibowo, A. (2017). Pendidikan karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Additional Files

Published

2023-09-04

How to Cite

Jannah, A., Rondli, W. S., & K, M. S. (2023). Bentuk Adaptasi yang Dimunculkan Guru Seolah Dasar dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 2841–2850. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6010

Issue

Section

Articles

Citation Check