Pengaruh Media Digital Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Bernalar Kritis di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6097Keywords:
bernalar kritis, keterampilan proses sains, media digital, profil pelajar pancasila, sekolah dasarAbstract
Keterampilan proses sains sangat penting bagi siswa, khususnya pada tingkat sekolah dasar karena siswa perlu dibiasakan bertindak dan bersikap ilmiah untuk memperoleh pengetahuan. Capaian IPAS dalam Kurikulum Merdeka juga menyarankan pembelajaran yang berbasis ilmiah, dan menyokong Profil Pelajar Pancasila, salah satunya elemen bernalar kritis. Namun observasi awal di SD Negeri 5 Langsa ditemukan bahwa keterampilan proses sains dan bernalar kritis siswa tergologn rendah, dan fasilitas teknologi yang tersedia tidak digunkaan secara optimal. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk memecahkan masalah, dan menganalisis pengaruh media digital terhadap keterampilan proses sains dan bernalar kritis siswa. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif desain one group pretest-postest, sehingga sampel pada penelitian ini hanya satu kelas yaitu: siswa kelas IV-D yang berjumlah 28 orang. Instrumen pada penelitian ini yaitu: tes dan lembar observasi. Analisis data mengunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media digital terhadap keterampilan proses sains dan bernalar kritis siswa. Pada hasil analisis juga ditemukan bahwa penggunaan media digital memberikan pengaruh sebesar 90,90% terhadap keterampilan proses sains dan 97,50% terhadap bernalar kritis siswa. Sehingga penelitian ini merekomendasikan guru untuk menggunakan dan/ atau mengembangkan media digital untuk meningkatkan hasil belajar, mendukung digitalisasi, dan menyokong pencapaian profil pelajar Pancasila, khususnya bernalar kritis.
References
Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14335
Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. I. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2). https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12111
Damayanti, K. P., & Wiarta, I. W. (2022). Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD. Mimbar Ilmu, 27(1). https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45232
Ibrohim, M. M. (2022). Efektivitas Penggunaan Scratch dalam Meningkatkan Keterampilan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1222
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Anwar, K., & Sabaryati, I. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Scratch sebagai Alternatif Media Belajar Siswa “Z Generation” untuk Guru-guru SDN 1 Labuapi. SELAPARANG, 5(1), 871–875. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554
Kebudayaan, P. M. P. dan. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220
Maisarah. (2023a). Buku Referensi: Media Digital Berorientasi Keterampilan Proses Sains dan Bernalar Kritis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/index
Maisarah, Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Tadris Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75. https://doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1348
Maisarah, M. (2023b). Penerapan Guided Inquiry Model Pada Materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 88–95. https://ojs.unm.ac.id/jsd/article/view/45665
Mardhatilah, R., Zaini, M., & Kaspul. (2022). Pengaruh LKPD-Elektronik Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.13
Mardiyana, I. I., & Setyowati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran MADURA untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains IPA Siswa Kelas V. Widyagogik, 5(1). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5307
Mustari, M., Sukmawati, S., & Mustaring, M. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembinaan Karakter di Sekolah. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 18(1). https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.45657
Muthmainnah, Munandar, H., Aminah, Fahmi, A., Maisura, Mutia, I., Yunita, I., HS, D. W. S., Haslia, H., Daulay, R. A., Hanum, A., Sari, N. P., Sitanggang, R. P., & Rahmi, P. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nuha, U., Sari, N. M., Utomo, A. P., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa IPA SMP Kelas VII. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 117–122. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12576
Nurhayani, D., Sardimi, & Jumrodah. (2015). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Raudhatul Jannah Palangkaraya. Edusains, 3(2), 125–140. https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.336
Nurjannah, N., Susanti, R., & Jaenudin, R. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-LKPD menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada Mata Pelajaran IPA SMP. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10333
Pramana, K. T. Y., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. L. (2022). E-LKPD Berbasis HOTS dengan Liveworksheet Materi Sistem Pernafasan Manusia. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52795
Rahmawati, T. A., Supardi, Z. A. I., & Hariyono, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dengan Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2267
Rizal, S., Putra, A. K., Suharto, Y., & Wirahayu, Y. A. (2022). Creative Thinking and Process Science Skill: Self-Organized Learning Environment on Watershed Conservation Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(4), 578–587. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i4.39571
Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877
Rohmah, S. N., & Roviati, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Menggunakan Aplikasi Youtube. Bio Education, 6(1). https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2651
Rosmini, S., Samrin, Alim, N., & Badarwan. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa. Dirasah, 2(1). https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/dirasah/article/view/2584
Siagian, B. A., Ganda, H. Y., Pakpahan, Y. K., Manurung, W. O., Sitanggang, A., Silalahi, N. R., & Hutajulu, S. J. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital di SMAN 1 Sei Bamban. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(3), 242–246. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i3.3286
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBS-IV Tahun 2021: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 1–6.
Toheri, & Nuraenafisah. (2013). Pengaruh Penggunaan Scratch Terhadap Kreativitas Berfikir Matematis. Eduma, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.65
Wardani, P. M. A., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Media Game Scratch Pada Pembelajaran IPA Kelas V Materi Alat Pernapasan Pada Hewan. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.375
Wijayanti, R. W., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Digital Untuk Mengukur Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 127–136. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Maisarah Maisarah, Cyndi Prasetya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).