Pengembangan Media Pembelajaran KARGAMCA Digital Interakif pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Aridevi Saullila Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Lutfi Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Sriyanti Rahmatunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6109

Keywords:

Media Pembelajaran, KARGAMCA, Digital Interaktif, Membaca Permulaan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca peserta didik karena banyaknya peserta didik yang tidak bersekolah di jenjang playgroup/TK karena orang tua kurang mampu dalam ekonomi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kargamca (kartu gambar membaca) digital interaktif. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan medel ADDIE dengan tahapan  analiysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas 1 SDN Marga Jaya II. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata 93%. termasuk kategori sangat valid. Penilaian ahli bahasa mendapatkan rata-rata 80% termasuk kategori valid. Penelitian ahli media 1 mendapatkan rata-rata 96% termasuk kategori sangat valid dan ahli media 2 mendapatkan rata-rata 78% termasuk kategori valid.  Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase skor 92% termasuk kedalam kriteria tinggi. Pada uji coba kelompok besar mendapatkan persentase skor 96% termasuk kedalam kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kargamca digital interaktif pada kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Marga Jaya II valid atau layak untuk digunakan.

References

Aisa, S., et al. (2008). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadaluko Online, 2(1), 28–51.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24.

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar dengan Model Addie pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 247–258.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.

Gading, I. K., et al. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270.

Juhaeni, et al. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES?: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43.

Khamidah, N., et al. (2019). Discovery Learning?: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat (ke-3). KENCANA.

Lamasitudju, et al. (2021). Sistem Pembelajaran Digital Interaktif (Sipemberani) Mendukung Pembelajaran Online Di Sekolah Menengah Di Kota Palu. ScientiCO?: Computer Science and Informatics Journal, 4(1), 2620–4118.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Magdalena, I., et al. (2021). Analisis Jenis Media Pembelajaran Whatsapp Group Untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Siswa MI Al-Hikmah 2 Sepatan. 417–427.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). CV Budi Utama.

Mau Tellu Dony, et al. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992–9006.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. 1–34.

Nurmalia, L., et al. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Buku Pada Topik Wujud Benda dalam Tema 3 (Benda Disekitarku) Kelas III SDN Margahayu VI dengan Pendekatan Kontekstual. 3(3).

Primasari, E., et al. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Kartu Gambar Dan Kartu Suku Kata. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 10.

Purwati, L. M. (2021). Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Autentik?: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–158.

Sugiyono. (2020). Cara Mudah Menusun Skripsi, Tesis dan Diserasi (5th ed.). Alfabeta.

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Saullila, A., Lutfi, L., & Rahmatunnisa, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran KARGAMCA Digital Interakif pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3357–3364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6109

Issue

Section

Articles

Citation Check