Pengembangan Media Digital Crossword Puzzle pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rizky Aulia Barokah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Lutfi Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Sriyanti Rahmatunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6110

Keywords:

Media Digital, Crossword Puzzle, Bahasa Indonesia, Cerita Fiksi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi pada media pembelajaran di kelas dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis digital berupa Crossword Puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan pengembangan yaitu analysis (analisa), design (perancangan), develompent (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik dikelas IV SDN Bintara Jaya V.  Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan penilaian antara lain 1) validasi ahli materi mendapat 95% dengan kategori sangat valid 2) validasi ahli bahasa 80% kategori valid 3) validasi ahli media 1 97% kategori sangat valid dan validasi ahli media 2 75% kategori valid. Penilaian respon peserta didik 1) uji coba kelompok kecil mendapatkan 94% dengan kriteria tinggi 2) uji coba kelompok besar mendapatkan 97% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media digital Crossoword Puzzle pada pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi siswa kelas IV valid atau layak digunakan.

References

Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, T. M., et al. (2021). Pengembangan Media Permainan Teka-Teki Silang Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Web Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1672.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Ihsan, M. (2022). Legenda Keagamaan Banjar dalam Keterkaitan Dengan IPS.

Kartiwi, Y. M., & R. (2022). Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61.

Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87–91.

Nurcahyani, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis E-Comic Pada Topik Perkalian dan Pembagian Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Nurlelah, N., dkk. (2022). Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerita Fiksi Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 796–803.

Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47.

Rahayu, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(4), 198–203. ejournal.unesa.ac.id

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464.

Sari, et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826.

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248.

Subekti, A. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Barokah, R. A., Lutfi, L., & Rahmatunnisa, S. (2023). Pengembangan Media Digital Crossword Puzzle pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3365–3375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6110

Issue

Section

Articles

Citation Check