Pengembangan Komik Digital Materi Budaya Lokal pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Saidup Kudadiri STAI Al-Ikhlas Dairi Sumut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6121

Keywords:

Komik digital, Budaya Lokal, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bermaksud memberikan wadah kajian konten budaya daerah berdasarkan isu dengan menggunakan komik digital. Kajian pengembangan semacam ini menggunakan model ADDIE yang mempunyai lima tahapan: (1) analisis ('analyze'), (2) desain ('design'), (3) pengembangan ('develop'), (4) implementasi ( 'melaksanakan'), dan (5) evaluasi ('mengevaluasi'). Ada beberapa cara untuk mengumpulkan data, antara lain observasi, wawancara, dan kuesioner. Karena data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan, teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk analisis data. Komik digital bertema mengenal keberagaman budaya di Indonesia layak dibuat dengan kualifikasi yang baik, berdasarkan temuan penilaian ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, tes individu, dan tes kelompok kecil. Media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa, khususnya dari segi isi, terbukti dari hasil tes yang menunjukkan bahwa media sesuai dengan karakteristik kebutuhan belajar siswa dan mempunyai nilai yang baik. desain yang menarik.

References

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. 7, 24–34.

Dinanti, R. P. D., Ardiansah, F., & Romadon. (2020). Pengembangan Media Komjinasi (Komik Imajinasi) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cendekiawan, 2(2), 64–68. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.161

Dzulhidayat. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(8.5.2017), 2003–2005.

Gihari eko presetyo, & N. ginting. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Adobe Flash Dengan Menggunakan Model 4-D Tentang Kearifan Lokal Budaya Melayu Langkat Tahun …. Jurnal Sintaksis, 2(1), 93–102. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/91%0Ahttp://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/91/100

Jaiz, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Basicedu, 6(2), 2625–2636.

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.

Latifah, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis Multimedia. Basicedu, 5(4), 2021–2026.

Milenda, S. S., & Muhroji, M. (2022). Layanan Bimbingan dan Konseling Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4869–4875. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2969

Noratiah, & Rahmah, H. (2022). Implementasi Program Bimbingan Konseling Tingkat Madrasah. Basicedu, 6(2), 1652–1658.

Nurdewanto, B. (2018). Multimedia learning untuk sekolah dasar. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(2), 14–18.

Prasetyo, G. E., & Ginting, N. (2019). Development Of Malay Culture Learning Media In State Elementary School 050661 Kwala Bingai Academic Year 2019/2020. Jurnal Handayani, 10(2), 9–16.

Prasetyo, G. E. N. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Budaya Melayu Dengan Adobe Flash Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., Hermita, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). Primary?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 Primary?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019. 8(2), 160–172.

Rahmadhani, W., & Manalu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 6(5), 7750–7757.

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156

Syahmi, F. A., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone untuk Siswa. 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Wijaya, S. N., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Development of Learning Media of Digital Comic Based on Indonesian Heroic Character on Circulatory System Material Pendahuluan Media adalah alat bantu yang mampu me. 4, 67–78.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Kudadiri, S. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Budaya Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3140–3147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6121

Issue

Section

Articles

Citation Check