Pengaruh Permainan Chemistry puzzle Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6143Keywords:
penelitian eksperimen, peserta didik, tes tertulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan permainan chemistry puzzle dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensial pada materi tata nama senyawa kimia dan menentukan adanya pengaruh penggunaan permainan chemistry puzzle pada materi tata nama senyawa kimia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pretest posttest control grup design. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas control sebelum dilakukan pembelajaran dan setelah dilakukan pembelajaran mengalami perbedaan, yaitu rata-rata pretest kelas control dan kelas eksperimen yaitu 62,16667 dan 59,5 sedangkan rata-rata postest kelas control dan kelas eksperimen yaitu 8,789198 dan 6,601767. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media chemistry puzzle secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA Khulafaur Rasyidin pada materi tata nama senyawa kimia dan terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan menggunakan media chemistry puzzle dengan metode ceramah.
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77–89.
Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 193–203.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Depdiknas.
Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif (Cet.4). Puspa Swara.
Islamic, A. R., Sukardjo, J. S., & Nurhayati, N. D. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Media Handout Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar dan Interaksi Sosial Siswa Pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa Kimia dan Persamaan Reaksi Kimia Kelas X2 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 68–74.
Muharrami, Y., Wahab Abdi, A., & Aziz, D. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Dengan Media Permainan Monopoly Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, I(1), 212–222.
Setiyorini, Patonah, S., & Murniati, N. A. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Moodle. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7, 156–160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurul hasanah, Erlina, Ira Lestari, Rahmat Rasmawan, Maria Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).