Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Terhadap Pendidikan Karakter Anak

Authors

  • Dinny Rahmayanty Universitas Jambi, Indonesia
  • Dhea Addinda Universitas Jambi, Indonesia
  • Atthaul Oktrianda Universitas Jambi, Indonesia
  • Sevtia Ananda Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6171

Keywords:

pendidikan karakter, peran orang tua, narkoba

Abstract

Satu dari banyak perilaku menghancurkan diri yang banyak dijumpai sekarang ialah penyalahgunaan narkoba dilingkungan pelajar. Penyalahgunaan narkoba di sekolah adalah salah satu perilaku menghancurkan diri yang paling umum saat ini. Sekitar 4,8 juta orang di desa dan kota dalam rentang usia 15-64 tahun telah menggunakan narkoba sepanjang tahun 2022–2023, menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi literatur, dimana penulis membedah berbagai jurnal sebagai landasan teori. Dalam bidang kesehatan, narkoba adalah senyawa kimia yang mengubah satu atau lebih fungsi organ tubuh. Selanjutnya, zat tersebut menciptakan ketergantungan fisik dan mental, sehingga jika zat tersebut dihentikan penggunaan, akan terjadi gangguan fisik dan mental. Pentingnya peran orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter kepada anak sejak usia dini. Agar karakter anak terlahir dilingkungan keluarganya, dalam hal ini dibutuhkan cinta, kelembutan dan kasih sayang dalam membentuk karakter anak tersebut. Pembentukan karakter sejak dini dimulai dari dalam keluarga diteruskan ke lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

References

Andriansyah, Y., & Abdurrahman, L. (2013). Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba terhadap Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2), 104–108.

BNN Kabupaten Pasuruan. (2019). Jenis – Jenis dan Penggolongan Narkoba. Humas BNN.

BNN Republik Indonesia. (2022). Hindari Narkotika Cerdaskan Generasi Muda Bangsa. Humas BNN.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral yang Terjadi pada Siswa Sekolah Dasar. Dalam Januari (Vol. 9, Nomor 1).

Chastanti, I., Kumalasari Munthe, I., Raja, J. S., Tapa Rantauprapat, A., Utara, S., & Hukum -STIH Labuhan Batu Jalan Raja, I. S. (2019). Pendidikan Karakter pada Aspek Moral Knowing Tentang Narkotika Pada Siswa Menengah Pertama. Dalam Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 6, Nomor 1).

Ghoodse. (2002). Pencegahan Narkoba Sejak Usia Dini. Raja Grafindo Persada.

Green Hill. (2021). The Effects Of Teen Drug Use On Academic Performance.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Makela, J. (2015). Ethical use of social networking technologies in career services.

Mintawati, H., & Budiman, D. (2021). Bahaya Narkoba dan Strategi Penanggulangannya. Dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra (Vol. 1, Nomor 2).

Nasrudin, E. (2018). Psikologi Perkembangan. STAI Sukabumi.

Reza, I. (2016). Peran Orang Tua dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba pada Generasi Muda. Jurnal Psikologi Islami, 2.

Sahlan, A. (2013). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang .

Septiningsih, I. (2014). Bahaya Narkoba Dikalangan Pelajar Dan Upaya Penanggulangannya. Prooseding Seminar UNSA.

Sinjar, A., & Sahuri, T. (2021). Bahaya Narkoba Terhadap Masa Depan Generasi Muda. Jurnal Indonesia Sosial Teknolog, 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan 1). Alfabeta.

Survei Nasional Badan Narkotika Nasional. (2011). Perkembangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa di 16 Provinsi di Indonesia. . Ringkasan Eksekutif BNN.

Usman. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Di Sma Negeri 1 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7.

Wresniwiro, M. (1999). Masalah Narkotika Psikotropika dan Obat-obatan Berbahaya. Mitra Bintibmas.

Yandri. (2022, Oktober). Pendidikan Karakter?: Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas. Widyaprada Utama Direktorat Guru Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rahmayanty, D., Addinda, D., Oktrianda, A., & Ananda, S. (2023). Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3441–3449. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6171

Citation Check