Rasionalitas Pembelajaran Online Fisika Berbasis Pemodelan

Authors

  • Alzahranitia Annida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rudi Haryadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6176

Abstract

Pendidikan pada abad 21 kini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana  pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan karena memerlukan kombinasi baru antara pemikiran tingkat tinggi dan keterampilan komunikasi yang kompleks.. Salah satu perkembangan penting dalam pembelajaran fisika adalah pendekatan berbasis pemodelan, yang memanfaatkan simulasi dan model matematis untuk memahami konsep fisika. Bertujuan untuk memperjelas pentingnya potensi dari pembelajaran online fisika berbasis pemodelan sebagai sarana yang efektif dalam meningkatkan pendidikan fisika modern. Studi ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau “research and development” rancangan Borg and Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Prosedur  penelitian pengembangan ini didasarkan pada model 4D. Temuan penelitian menghasilkan hasil pengembangan pendekatan metode belajar fisika berdasarkan budaya lokal telah berhasil memperkuat karakter peserta didik. Kevalidan model ini melibatkan rasional teori dan komponennya. Rasional teori dianggap sangat valid oleh pihak yang mengesahkan karena mencakup berbagai aspek seperti esensi fisika, kepribadian dan pembentukan kepribadian, budaya lokal, konsep belajar, serta pandangan Muhammad Syafei dan Ki Hajar Dewantara mengenai pendidikan di Indonesia. Model pendekatan metode belajar fisika yang berdasarkan budaya lokal, yang telah dikembangkan dalam studi  ini, mencapai standar tingkat validitas. Penilaian ini mencakup kedua aspek, yaitu landasan teori dan elemen pendekatan beserta instrumen pendukung, dan dinyatakan sebagai sangat valid oleh para ahli.

Author Biography

Alzahranitia Annida, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

physics education

References

Ausubel, D. (1963). The Psychology of Meaningful Verbal Learning. Grune & Straaton, Inc.

Bruner, J. (1978). The Process of Education. Harvard University Press.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. In P. Surya Dharma, MPA. Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK, 98(1).

Dewey, J. (1967). Democracy and Education. The Macmillan Company.

Gagne, R. (1977). Principle of Instructional Design (2nd Ed). Holt, and Winston.

Koes, S. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika (JICA-IMSTEP). Universitas Negeri Malang.

Kuranto, S. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Dasar Pembentukan Karakter BangsaKonsep Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Universitas Negeri Makassar.

Lickona. (2012). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues (Juma Abdu Wamaungo & Jena Antunes Rudolf Zien, Ed.). Bumi Aksara.

Mannahao, I. (2010). The Secret of Siri’ Na Pesse’. Pustaka Refleksi.

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Poedjiadi. (2010). Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstuial Bermuatan Nilai. PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2011). panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: menciptakan metode yang menarik dan menyenangkan. Diva Press.

Priansa, D. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. CV Pustaka Setia.

Rahardjo, S. (2010). Ki Hajar Dewantara: Biografi Singkat 1889-1959. Garasi House of Book.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rizal Darwis & Asna Usman Dilo. (2012). iMPlikaSi FalSaFaH SiRi’ na PaCCe Pada MaSYaRakat Suku MakaSSaR di kabuPaten gowa Rizal Darwis dan Asna Usman Dilo. In 186 el Harakah (Vol. 14, Issue 2).

Rusman. (2014). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (2nd ed.). Rajawali Pers.

Schwartz, M. (2008). Effective Character Education. McGraw-Hill.

Shadiq, F. , & M. N. (2011). Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SD. Kemedikbud.

Stevenson, N. (2006). Young Person’s Character Education Handbook. JIST Publishing, Inc.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara.

Zubaedi. (2007). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Annida, A., & Haryadi, R. (2023). Rasionalitas Pembelajaran Online Fisika Berbasis Pemodelan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3265–3271. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6176

Issue

Section

Articles

Citation Check