Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Authors

  • Juitama Dewantari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hendra Syarifuddin Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ali Asmar Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yerizon Yerizon Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6326

Keywords:

Development of Learning Devices, REACT Strategy, Problem solving ability

Abstract

Perangkat pembelajaran yang digunakan selama ini belum dikaitkan dengan permasalahan kontekstual, selain itu hasil belajar peserta didik juga masih rendah. Hal ini disebabkan oleh sumber belajar yang masih bersifat umum dan belum dikaitkan dengan keseharian peserta didik. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak atau efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan materi bilangan bulat yang meliputi RPP dan LKPD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lengayang yang berjumlah 23 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat praktis dan efektif. Dari hasil tes akhir nilai yang berada di atas KKM sebanyak 18 orang peserta didik. Berarti nilai peserta didik yang tuntas adalah 78,26 % dan yang tidak tuntas sebanyak 21,73 % dari peserta didik yang ikut ujian. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis REACT meningkat

References

Anas, A., & A, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 157–166.

Ariandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Gulo, A. (2009). Penerapan Strategi REACT untuk meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fungsi di Kelas XI SMA Negeri 1 Kutapanjang. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO.

Prihandhika, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran REACT dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Siswa SMKN 39 Jakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9.

Rahayu, N. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran React dan Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Rahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792.

Sari, N. R. W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran REACT Berbantuan Worksheet Terhadap Pemecahan Masalah dan Kerja Sama Siswa Kelas VII. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12.

Walpole, R. E. (1995). Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Dewantari, J., Syarifuddin, H., Asmar, A., & Yerizon, Y. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik . Jurnal Basicedu, 7(6), 3589–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6326

Citation Check