Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional

Authors

  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Mela Safitri Situmorang Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Anggi Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Akbar Rafsanjani Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Amaluddin Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Elsa Elitia Hasibuan Uin Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373

Keywords:

Penerapan Pembelajaran Berbasis budaya, mutu pendidikan

Abstract

Pendidikan adalah komponen kunci dalam pengembangan sosial dan pribadi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang baik. Pentingnya memperkuat keragaman budaya yang ada di lingkungan pendidikan untuk mencapai pembelajaran siswa yang lebih efektif. Pembelajaran berbasis budaya adalah Pendekatan yang diadopsi untuk mengakomodasi keberagaman budaya siswa dalam proses pembelajaran di budaya berbasis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis budaya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMP Pahlawan Nasional. Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif  dengan teknis pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan informan untuk memperoleh data di lapangan serta melalui buku, artikel, jurnal dan sumber-sumber lain nya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis budaya ini dapat memberikan banyak manfaat.  Hal ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang sensitif sehingga setiap siswa merasa dihormati dan didengarkan.  Selain itu, pendekatan ini berpotensi meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 1991. Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ad. Rooijakkers. 1990. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta : Gramedia.

Anwar, Syaiful. 2014. Pengembangan Budaya Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyyah Negri Kota Bandar Lampung. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman. Vol, 14. No, 02.

Aqib, Zainal.2002. Profesionalisme Guru Dalam pembelajaran. Surabaya : Insan Cendikia.

Buletin BNSP. Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, edisi 3, 2006

Danim, Sudarman dan Khairi. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Djamarah, Saiful Bahri.1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Imam Machali dan Ara Hidayat. 2012. Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam mengelola sekolah dan Madrasah. Yogyakarta : Kaukaba.

J. J. Hasibuan dan Moerdijono. 1988. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Ketut Tanu. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah, Jurnal Penjaminan Mutu. Vol, 02. N0, 01.

Kristin, Firosalia. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Pembelejaran IPS. SCHOLARIA. Vol, 05. No, 02.

Kurnia Restu N & Muhtar T. (2022). Creative Of Learning Students Elementary Education Pendidikan Berbasis Budaya Di Era Globalisasi. Journal Of Elementary Education. Vol, 05. No, 03.

Michael W. Galbrait, Community Based Aducation Organizations ang The Delivery of the Lifelong Learning Opportunities, dalam Zubeidi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Pannen, P. 2002. Contextual Constructivism: Creative Teaching through Indigenous Arts. Asia FellowResearch Report. Bangkok: Asian Scholarship Foundation.

Pannen. Dkk. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Ditjen Dikti Diknas.

Pidarta, Made. t.th. Pengelolaan Kelas. Surabaya : Usaha Nasiaonal.

Prihartini Y & Buska W. (2019). Pembelajaran Berbasis Sosial Dan Budaya. Nazharat: Jurnal Kebudayaan. Vol. 25. No, 02.

Retno, R. S. (2021). Analisis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Budaya Lokal Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Penelitian Pendidikan.

Soemanto, Wasty. 1982. Dasar dan Teori Pendidikan Dunia. Surabaya : Usaha Pendidikan Nasional.

Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Exponential (Education For Exceptional Children). Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Vol, 01. No, 01.

Tanu, I Ketut. 2013. Bahan Ajar Sosiologi Pendidikan. Denpasar : Sari Khayangan.

Winata, Putra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing

Zubedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Akmalia, R., Situmorang, M. S., Anggraini, A., Rafsanjani, A., Tanjung, A., & Hasibuan, E. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Basicedu, 7(6), 3878–3885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373

Citation Check