Penerapan Media Kantong Ajaib untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas 4 Materi Pancasila

Authors

  • Rantika Puspita Dewi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rodhotul Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Susilo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sutrisno Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6388

Keywords:

kantong ajaib, pemahaman siswa, pancasila

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Tambangan 01 Semarang, peneliti menemukan masalah dalam pembelajaran, yaitu rendahnya keterampilan yang dimiliki oleh guru, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, rendahnya hasil belajar peserta didik dalam kompetensi mengenal sila-sila, makna Pancasila dan jumlah helai bulu pada burung garuda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya media kantong ajaib Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan dua siklus dan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini memiliki subjek 26 peserta didik kelas IV SD Negeri Tambangan 01 Semarang. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I, hasil belajar 8 siswa (44,4%) dibawah KKM, 18 siswa (69,2 %) di atas KKM. Siklus II sebagai tindak lanjut dari siklus I. Pada siklus II, hasil belajar 5 siswa (23,8 %) di bawah KKM, dan 21 siswa (80,7 %) diatas KKM. Simpulan penelitian ini adalah dalam menerapkan kantong ajaib Pancasila pada pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terlihat dari pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2.

References

Aditya, M. L. N., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Video Pembelajaran Desa Penglipuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research (Briliant Retnani Nur & Falahia Nisa, Eds.). CV. Pena Persada. https://repository.um-surabaya.ac.id/4459/1/Classroom_Action_Research_Pengembangan_Kompetensi_Guru_.pdf

Basiroh, F., & Murdiono, M. (2022). Penerapan Penggunaan Bandicam pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila untuk Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 7). http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Danis, A., Trinovika, A., Fadillah, N., & Mutiara, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kantong Ajaib Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pokok Bahasan Magnet Pada Siswa Kelas V SDN 068474 Medan Labuhan. Helvetia, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang, 10, 27–32. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/416

Febriliyanti, E. R. (2018). Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengenal Sila-Sila Dan Lambang Pancasila Pada Siswa SD Kelas I Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengenal Sila-Sila dan Lambang Pancasila Pada Siswa SD Kelas I (Vol. 1).

Fitri Ayu, Dewi Sinta Maria, DS Nur Yulistina, Prihamdani Depi, & Suparman Tarpan. (2019). Sosialisasi Media Kantong Doraemon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. 1(2).

Haninda Soffy Nur, & Paksi, H. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kargo Pancasila untuk Membantu Siswa SD Memahami Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46507

Hasanah, U., Omin, & Nuraeni. (2019). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif MONIPA Terhadap Hasil Belajar Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelas VI SDN I Keresek. 7(1). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/indexterakreditasiPeringkat4

Kemendikbudristek nomor 033 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan anak usia dini, jenjang P. dasar, dan jenjang P. menegah pada kurikulum merdeka. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 20. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf

Khodijah Dwinda Nur, Hendri Menza, & Darmaji. (n.d.). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi.

Mawaddah Alifatul. (2023). Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Doraemon (Pakpindo) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Lumajang. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23303

Muna, Z., Nursyahidah, F., Eka Subekti, E., & Maflakhah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas I SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1760/1777

Ningsih Sri Fazae Kania, & Ardiansyah Aqib. (2020). Pengembangan Media Komik Saku Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Cerita untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas V SD Negeri Pa-Gojengan 03 Kabupaten Brebes. 10, 492–293.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/3007

Oktabela, P., Utami, S., & Hermawan, A. (n.d.). Pengembangan Media Tongtumon untuk Menyajikan Rangkuman Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej/index

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 6 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa standar kompetensi lulusan pada satuan Pendidikan jenjang Pendidikan dasar. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022. https://peraturan.bpk.go.id/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Putra, M., & Laili, A. N. (2022). Penerapan Media Kantong Misterius Doraemon untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. In JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam (Vol. 4, Issue 1). http://joural.ummat.ac.id/index.php/fkip

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Vol. 1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/756

Sahida, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 9. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/145

Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens di PAUD (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457

Triyanto, & Fadhilah, N. (2018). Penguatan nilai-nilai pancasila di sekolah dasar. In Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan (Vol. 15, Issue 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Utami, S., & Sa’diyah, L. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Panji Berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) untuk SMK. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1). https://doi.org/10.28926/briliant

Wahyudi I Made Dody, Agung Anak Agung Gede, & Sujana I Wayan. (2021). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. JP2, 4(1), 49–58.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Dewi, R. P., Janah, R., Widodo, S. T., & Sutrisno, S. (2023). Penerapan Media Kantong Ajaib untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas 4 Materi Pancasila. Jurnal Basicedu, 7(6), 3761–3770. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6388

Citation Check