Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Anis Indira Dwi Saputri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ervitaviyan Wahyu Putri Pangestu Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nur Indah Wahyuni Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Wahyu Andayani SD Negeri Kuningan 01 Kota Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Based Learning, Innovative Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media inovatif berbasis Problem Based Learning sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas 1 SD Negeri Kuningan 01 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan 3 kali pertemuan (Pra siklus, Siklus I, dan Siklus II). Sampel yang diambil peserta didik kelas 1 dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya penerapan media inovatif berbasis Problem Based Learning lebih dipahami oleh peserta didik serta lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Melalui hasil nilai rata-rata pada siklus I diperoleh 79 serta pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 87. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan.

References

Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwor, A., Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.3949

Aristiana Sari, L., & Kunijah, D. (2023). Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK" Semarang.

Asrori. M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan RuangLingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah. 5(2). 173.

Astuti, D, A, P., Hardini, A, T, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Modeldiscovery Learning Berbantuan Powerpointsecara Daringkelas V SD. Jurnal Education and Development. 9(2), 96 – 100. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2488

Aziza, A., Pratomo, W., Nadziroh, C., Universitas, S., & Tamansiswa, Y. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2023.

Dirgatama, C, H, A., Th, D, S., Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsift Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di SMK Negeri 1 Surakarta. JIKAP: Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 1(1). 36-53.

Firdaussy, A. N., Khoiroh, F., Oktavia, P., & Krisdiyanto, Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di SDN Roto 2 Krucil Probolinggo. Maret, 02(01), 65–69. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Huda, A, I, N., Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD (Vol. 6, Issue 1).

Maulinda, D., Makki, M., Sobri, M., Fkip, P., & Mataram, U. (2023). 3 1,2,3. 08(September), 3492–3507.

Nissa, S, F., Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5), 2854 – 2860 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Nurdyansyah, O., Pd, S., & Pd, M. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF Diterbitkan oleh 11.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Pangestu, A., Fatah, M. F., Untsa, A., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Youtube dan Quiziz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8775–8784. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3952

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Pratama, V., Yayuk, E., Arima, N., Fkip, P., Malang, U. M., & Canggu, S. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN CANGGU 2 MELALUI MEDIA PETA KEBERAGAMAN BANGSAKU.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365

Vista, E, R, B., Chasanatun, F., Kustini. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Melalui Media Game Onlilne Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKn. AUTENTIK: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. 7(2), 271 – 279 https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.357

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Anis Indira Dwi Saputri, Ervitaviyan Wahyu Putri Pangestu, Susilo Tri Widodo, Nur Indah Wahyuni, & Tri Wahyu Andayani. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404

Citation Check