Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Agresivitas pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Authors

  • Musdalifah Musdalifah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6498

Keywords:

Bimbingan konseling, Agresivitas, Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Abstract

Peningkatan agresivitas siswa dapat di pengaruhi oleh berbagai  faktor termasuk tekanan konflik interpersonal, masalah keluarga atau pengaruh lingkungan sekitar. Penting bagi pendidik, orang tua dan pihak terkait untuk bekerjasama dalam mencari solusi, memberikan dukungan emosional, dan mengembangkan strategi pengelolaan konflik untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi siswa. Implementasi bimbingan konseling siswa MI dalam pencegahan  agresivitas  pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan studi pustaka( Library research) yaitu metode pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan penelitian.. Metode analisis menggunakan analisis conten dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini terkait dengan kurikulum merdeka di dalamnya ada pengaruh akan pengembangan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2 RA( Profil pelajar Rahmatal lil Aalamiin). Guna untuk menuntun dan membimbing siswa siswi untuk membentuk karakter  P5 dan P2 RA dan mengembangkan kompetensi belajar siswa-siswi yaitu dengan melalui bimbingan konseling pada peserta didik kita maka akan pencegahan  masalah yang ada di kelas. Apalagi Implementasi bimbingan konseling pada kurikulum merdeka ini sangat tepat dalam perkembangan anak didik kita dalam belajar dan membentuk karakter siswa, tentunya dengan ada bimbingan dari guru dan bekerjasama dengan wali murid.

References

Anggraini, D. L. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI).

Angyanur, D. (2022). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA DI MI/ SD. JIPDAS.

Arviansyah, M. R. (2022). EFEKTIVITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. LENTERA.

Azwar, B. (2023). Pemahaman Guru Bimbingan Konseling terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Azzet, A. M. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Budikuncoroningsih, S. (2017). PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP AGRESIVITAS SISWA. jurnal sains sosial dan humaniora, 85-92.

Dianto, L. I. (2021). Penanganan Siswa Berperilaku Agresif di SD Negeri Karangreja 2 Kutasari Purbalingga. Jurnal Kependidikan.

Fiqih, F. T. (2020). EFEKTIVITAS BIBLIOTERAPI KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR. PSIKOLOGI ILMIAH, 93-102.

hasibuan. (2022). Peningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Bimbingan Konseling di SD/MI. urnal Pendidikan Tambusai, 9085-9091.

Inayati, U. (2022). KONSEP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD/MI. ICIE.

Jefriyanzah. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN.

Kurniati, P. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa DAN GURU ABAD 21. Jurnal Citizenship Virtues.

Kusuma, S. E. (2022). Bentuk perilaku agresi pada siswa laki-laki akibat intensitas menonton tayangan kekerasan dalam anime (studi kasus di SD Negeri Balerejo Kabupaten Magetan). Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA).

Maliki. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Al Tazkiah.

Mufaridah, H. (2023). KURIKULUM MERDEKA DAN TELAAH PERAN KONSELOR DI SEKOLAH. Jurnal Komunikasi & Konseling Islam.

Saidah. (2022). Literasi dan Numerasi pada Pendidikan Dasar : Urgensi Layanan Bimbingan Konseling Mengembangkan Literasi dan Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia.

Syahadat, Y. M. (2013). PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK. HUMANITAS.

Syamsuddin, R. (2021). PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA VI. Jurnal Kependidikan Media.

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta.

zu'ma, a. r. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Layanan Bimbingan Konseling dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Musdalifah, M. (2024). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Agresivitas pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(6), 4149–4156. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6498

Citation Check