Motif Batik Shibori sebagai Inovasi Pembelajaran Ragam Hias Geometris bagi Guru Di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nurjannah Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia
  • Iga Ayu Intan Candra Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6632

Abstract

Pembuatan batik Shibori bagi guru di sekolah dasar adalah salah satu upaya menumbuhkan kreativitas dan sebagai suatu inovasi guru di madrasah dalam memahami berbagai macam teknik berkarya seni rupa. Dalam mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) terdapat menteri terkait ragam hias, maka sangat penting bagi guru jika memahami jenis ragam hias tidak hanya melalui menggambar tetapi juga dengan belajar membatik.Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi lapangan dan studi literatur.penelitian ini teknik yang dipergunakan untuk memperoleh motif yang diinginkan adalah menggunakan motif melipat atau yang disebut dengan Itajime Shibori. Teknik melipat dalam pembuatan batik shibori akan mempengaruhi motif yang akan dihasilkan oleh bentuk lipatan. Setelah melipat kain, kain bisa dijepit menggunakan kayu atau diikat dengan tali atau karet dengan kuat untuk membentuk motif yang diinginkan. Berdasarkan hasil pembuatan batik shibori yang dilaksanakan di sekolah dasar menunjukkan terciptanya dua motif batik yakni pola segitiga dan pola persegi. Pembelajaran dengan batik shibori adalah inovasi kegiatan praktikum yang menyenangkan dan lebih membekas pada pengalaman belajar peserta didik. Sebagaimana bentuk pembelajaran konstruktivistik yaitu peserta didik pembangun pengetahuan, sikap maupun keterampilan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dalam proses pembelajaran

References

Candra, I. A. I. (2021). Analisis Motif Batik Maluku Dalam Membangun Pendidikan Multikultural. Jurnal Imaji, 19(2), 133–142.

Giri, E. S. P. (2004). Ragam Hias Kreasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Irvan, M., Ilmi, A. M., & Choliliyah, I. (2020). Pembuatan Batik Shibori Untuk Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Graha Pengabdian, 2(3), 223–232.

Julianti, E., & Fatmawati, F. (2020). Shibori Skills To Improve Fine Motor Ability For Children With Autism. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 6(2).

Kautsar, D. S. (2017). Eksplorasi Teknik Shibori Pada Pakaian Ready to Wear. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 905–920.

Maziyah, S., & Indrahti, S. A. (2019). Implementasi Shibori Di Indonesia. Jurnal Kiryoku, 3(4).

Misfanny, R. C., Soeprayogi, H., & Mangatas. (2020). Eksperimen Kreatif Desain Motif Hias Geometris Pada Papan Berpaku (Geoboard). Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 2020.

Muharyati, E. Y. (2019). Pembelajaran Kriya Batik Tulis Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Kreatif Siswa Kelas 7a Smpn Satu Atap 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1).

Ninik, J., & Yuwanto, L. (2018). Pemanfaatan Seni Shibori Sebagai Alternatif Psychological Health Behavioral Health dalam Psychological First Aid Penyintas Bencana. Seminar Nasional Peranan Ilmu Psikologi Dalam Penanggulangan Bencana. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Regina, B. D. (2019). Pendampingan Membatik Shibori Pada Anak Kelas 5 Di Sekolah Indonesia Bangkok (Sib) Thailand. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(2).

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran?: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Soemanto, W. (1980). Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Suantara, O., & Siregar. (2017). Eksplorasi Teknik Shibori Dalam Pengembangan Desain Motif Tradisional Indonesia Pada Permukaan Kain Sandang. Arena Tekstil, 32(2), 67–76.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Nurjannah, S., & Candra, I. A. I. (2024). Motif Batik Shibori sebagai Inovasi Pembelajaran Ragam Hias Geometris bagi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 4283–4292. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6632

Citation Check