Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Linda Febrianingrum Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6642

Keywords:

Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil Belajar, Aksara Jawa

Abstract

Dasar pelaksanaan riset ini ialah temuan bahwa masih sedikitnya pemakaian media pembelajaran pada muatan pelajaran Bahasa Jawa pada materi yang membahas Aksara Jawa dan sandhangan, sehingga tidak sedikit peserta didik yang pemahamannya rendah terhadap materi Aksara Jawa dan Sandhangan. Pelaksanaan riset ini ditujukan guna melihat ada tidaknya pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar Aksara Jawa peserta didik kelas IV SDN 3 Menganti dan mengetahui hasil belajar Aksara Jawa sebelum dan setelah memakai media puzzle. Penelitian yang peneliti laksanakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimental, rancangan dari riset ini memakai Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Riset ini memakai semua peserta didik kelas IV SDN 3 Menganti sebagai populasi. Sampel diambil memakai teknik sampel jenuh. Teknik analisis data  memakai aplikasi SPSS versi 21 yang memuat uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat serta uji hipotesis. Temuan dari riset ini memperlihatkan hasil belajar peserta didik saat pretest menghasilkan nilai rata-rata sebesar 42,00 sementara nilai rata-rata posttest peserta didik sebesar 78,52. Maka diketahui bahwa ada ketidaksamaan antara sebelum dan setelah pemakaian media puzzle. Kondisi ini diperkuat hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, serta uji-f yang diperoleh signifikansi 49,001 > 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar Aksara Jawa kelas IV SDN 3 Menganti dengan koefisien determinasi sebesar 0,681 atau 68,1%.  

References

Aningsih, A. T. (2019). Pengaruh Pembelajaran CIRC dengan Media Purawa (Puzzle Aksara Jawa) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1116.

Astutik, L. S. (2019). Pengaruh Media Laron (Gamelan Saron) Dengan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Untuk Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(April), 23–29.

Astutik, L. S., Suwandayani, B. I., & Agustin, U. L. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12413.

Chasanah, Y. 2022. Pengembangan Media Puzpasarawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Paragraf Aksara Jawa Pada Peserta Didik di SMP Negeri 3 Jumantono. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu, 3(2), 117-126.

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. 2018. Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. 2020. Pengembangan Game Edukasi Kata Fisika Berbasis Android Untuk Anak Sekolah Dasar Pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.

Laurica, C., Nisa, K., & Wijayanti, B. (2021). Semantik Dan Aplikasinya Pada Struktur Kalimat Dalam Bahasa Jawa Di Desa Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 33–43. https://doi.org/10.30599/spbs.v3i1.845.

Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Permata, K. K., Rustono, W. S., & Lidinillah, D. A. M. 2017. Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 66-72.

Mahardikha, Asrori, M., & Yuniarni, D. (2019). Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangkan Kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun Tk Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–10.

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Smp Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229.

Maulidina, H. (2019). No Title?. ???????????????, 2, 1–13.

Permata, K. K., WS, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 66. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499.

Prameswara, A. Y., & Pius X, I. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327.

Purnamasari, I. 2019. Pengaruh Media Puzzle Aksara Jawa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III C di MIN 8 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019. (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Rahmawati, I., P. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (Kartu Flash Aksara Jawa dan Papan Tulis) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. (Skripsi, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Ratna., Dian F., & Irman, S. 2021. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest and Satisfaction) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 138 Kulinjang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 109-117.

Setianingsih, Amila, W.A., & Firiana, N.K. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.

Susetyo, DP. B., Widiyatmadi, HM. E., & Sudiantara, Y. (2014). Self Concept Self Appreciation of Javanese people. Psikodimensia, 13(1), 47.

Turrahmi, N., Erfan, M., & Yahya, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya. Quark: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/t6ky9.

Wanningrum, C. P., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 43. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205.

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.

Wiranti, D. A., & Sutriyani, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Sorogan Hanacaraka Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 313. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8156.

Wulandari, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Flannel Terhadap Aktivitas Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sila the Influence of Quantum Learning Model Assisted By Flanel Board Media on Social Science Learning Activities of Students C. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 91. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/index.

Yunita, S., & Ucup, S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea. 3(8), 2000-2006.

Yushofah, N., & Heru, S. 2021. Pengembangan Media Permainan Dawa (Domino Aksara Jawa) Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas III SD. JPGSD, 9(5), 2393-2403.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Febrianingrum, L., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 4098–4109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6642

Citation Check