Implementasi Sila Pancasila sebagai Sistem Pendidikan Bahasa Indonesia

Authors

  • Roni Subhan Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Fitriatun Najwa Universitas Islam negeri Kiai haji Achmad Siddiq jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6647

Abstract

Seringkali penerapan sila Pancasila sering di abaikan dalam kehidupan di masyarakat. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui dan memahami apa itu Pancasila, bagaimana pentingnya Pancasila, apa itu pendidikan Pancasila, dan apa itu pendidikan bahasa Indonesia di kehidupan masyarakat, serta menganalisis hal hal yang menjadi tantangan pada implementasi Pancasila dan pendididikan Bahasa Indonesia, dan sekaligus mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tantangan implementasi tersebut. yang mana metode penelitian ini menggunakan  pendekatan  kualitatif  deskriptif  dengan  metode  studi  pustaka. Hasil penelitianyang dilakukan yaitu penerapan sila sila Pancasila dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan sila Pancasila oleh peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan sila sila Pancasila dalam komunikasi pada kehidupan sehari hari. Dampaknya adalah diterapkannya unsur unsur sila Pancasila dalam kehidupan nyata baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.  dengan adanya pendidikan Pancasila dan Bahasa yang baik maka akan menciptakan para pemuda yang memiliki karakter baik yang akan membawa dampak positif bagi lingkungan masyrakatnya, yang mana para pemuda adalah para penerus bangsa indonesia, dengan karakter yang baik para pemuda Indonesia bisa membawa dan memajukan Indonesia kearah yang lebih baik lagi

References

Ade Lia Putri1*, Fhara Dwika Feby Charista1, Sri Lestari1, Anita Trisiana1. 2020. “Implementasi Pancasila Dalam Pembangunan Dibidang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7 no 1.

Alip Rahman. 2018. “NILAI PANCASILA KONDISI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MASYARAKAT GLOBAL.” Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3,.

Amalia Dwi Pertiwi & Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SEBAGAI LANDASAN BHINNEKA TUNGGAL IKA.” Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5.

arif maulana. 2020. “perlu strategi khusus mengamalkan pancasila di generasi milenial.”

Azlina, Nur, 1, Asti Maharani, 2, Mohammad Syahrul Baedowi, dan 3. 2021. “Implementasi Nilai - Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” instructional technology 2 nomer 2.

desy nur islami, iman nugraha setiyadi, marfetika lahagu, taufiq rachman. 2021. “implementasi nilai pancasila dalam pendidikan.” pendidikan dan bahasa 1 no 1.

Hidayat, andra baktiono. 2023. “pancasila dalam lintas waktu pemahaman dan pengalamannya.”

Jannah, aulia nur, dinie anggraeni dewi. 2021. “implementasi pancasila dalam kehidupan sosial budaya dalam masyarakat pada abad ke 21.” pendiddiksn tembusai 5 nomer 1.

Joko Sulemana,*, Eva Putri Nurul Islamiyahb. 2018. “DAMPAK PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA TERHADAP BAHASA INDONESIA.”

Julia Bea Kurniawaty Santyo Widayatmo. 2023. “PERMASALAHAN TRISENTRA PENDIDIKAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA TEKNOLOGI 5.0.” kebhinekaan dan wawasan kebangsaan 2 nomer 2.

Kurniawati, Imas, nuri novianti afidah, aiman faiz. 2022. “kesantunan berbahasa sebagai aktualisasi nilai nilai pancasila dikalangan mahasiswa.” ilmu pendidikan 4 nomer2.

Kuswanjono, dr arqom. 2019. “reaktualisasi implementasi pancasila.”

lena natalia, yakobus adi suingo. 2023. “pentingnya pendidikan pancasila dalam membentuk karakter dan moral di lembaga pendidikan.” ilmiah multidisipline 1 no 10:266–72.

m zaim. 2014. “metode penelitian bahasa pendekatan struktural.”

mega triasya resmana, dini anggraeni dewi. 2021. “pentingnya pendidikan pancasila untuk merealisasikan nilai nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.” pendidikan dan kewirausahaan 9(2):473–85.

nurva miliano, dinie anggraeni dewi. 2022. “reimplementasi pancasila dalam kehidupan sosial budaya indonesia.” penelitian ilmu humaniora 2 nomer 1.

Puji Ayu Handayani & Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “IMPLEMENTASI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA.” Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5(No.1).

Septianingsih, Ayu. n.d. “pentingnya menerapkan nilai nilai pancasila di lingkungan masyarakat.”

StevaniAbaska. 2021. “IMPLEMENTASIPANCASILADALAMPERUMUSAN KEBIJAKAN.”

StevaniAbaska. n.d. ““Implementasi Pancasila dalam Pembuatan Kebijakan dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Hankam.”

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Subhan, R., & Najwa, F. (2024). Implementasi Sila Pancasila sebagai Sistem Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 7(6), 4075–4081. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6647

Citation Check