Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Melalui Media Organ Mask Berbasis Role Playing di Sekolah Dasar

Authors

  • Midya Hertanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.6709

Keywords:

hasil belajar, organ mask, role playing

Abstract

Hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia pada siswa sekolah dasar sangatlah kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia melalui sebuah media dan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Nguruhan II materi sistem pencenaan man usia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang mengikuti tes formatif sebelum menggunakan media organ mask, baru 7 anak atau 43,75% yang mencapai KKM. Sedangkan 9 anak atau 56,25% masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Setelah menggunaan media organ mask berbasis role playing menunjukkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran setelah menggunakan media dan model pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil evaluasi belajar berupa ketuntasan belajar meningkat dari 43,75% menjadi 87,5% Peningkatan hasil belajar berupa nilai rata-rata mengalami peningkatan mulai dari 65 dan menjadi 84. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media organ mask berbasis role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sistem pencernaan manusia.

References

Alamanda, A. M., Hartini, & Cahyono, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Media Papan Pintar Pada Siswa Kelas V Di SDN 1 Bogoharjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1338–1346.

Amalia, M. (2023). Melani Amalia, 2023 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia | respository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Basuki, F. R., Jufrida, J., Kurniawan, W., Devi, I. P., & Fitaloka, O. (2019). Tes Keterampilan Proses Sains: Multiple Choice Format. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(2), 101. https://doi.org/10.26714/jps.7.2.2019.9-19

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). ??No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Imanizar, L., Napitupulu, N. L., & Manalu, S. (2021). Penerapan Role Playing pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 41–46.

Indah Nur Aziza Alfatonah1?,Yonada Viossa Kisda2, Aisyah Septarina3, Anzela Ravika4, I. T. J. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV.pdf.

Istianto, I., Studi, P., Teknik, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukas I Untuk Pembelajaran Sistem Sistem Pencernaan Pada.

Kamil, P. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68. https://doi.org/10.34289/277901

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru.

Manusia, S. P. (2018). INTELIGENSI?: Jurnal Ilmu Pendidikan 2018 - 1. 1, 9–16.

Maulisa. (2017). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN SISWA DI SMPN 10 BANDA ACEH. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1), 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph

Mauliza, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara. xii–200.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841

Sakti, B. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. 12(4), 336–347.

Syofian, A., & Syafii Nur Ahmmad Fauzi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(2), 39–47. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i2.39

Triwahyuni Ramadhani, D., Dwi Yasa, A., & Suastika, I. K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 342–346. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6538

Upik, I., & Aiman, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Lks Pada Subtema 1 (Suhu Dan Kalor) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didikkelas V Sd Inpres Rumang Kabupaten Lembata. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains Dan Teknologi (Vol. 1, Issue 1i, pp. 205–209). http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/prosnas/article/view/101

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173

Yulieth-Rafael, 2020. (2020). ??No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 3, pp. 253–261). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Hertanti, M., & Fadiana, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Melalui Media Organ Mask Berbasis Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1105–1111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.6709

Issue

Section

Articles

Citation Check