Persepsi Mahasiswa PGSD terhadap Implementasi Quizizz sebagai Media Kuis Interaktif Berbasis Artificial Intelligence

Authors

  • Deby Fauzi Asidiqi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Dede Kurnia Adiputra Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7168

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Quizizz, Kuis Interaktif

Abstract

Digitalisasi dalam pembelajaran abad 21 semakin tidak bisa terpisahkan, salah satunya adalah hadirnya kecerdasan buatan atau sering disebut dengan artificial intelligence dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis terkait persepsi mahasiswa dalam penggunaan platform Quizizz sebagai media kuis interaktif. Jenis penelitian menggunakan metode campuran pararel konvergen (mixed method) dengan Purposive Sampling sebagai teknik sampling yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisoner dan wawancara. Model Miles and Huberman digunakan sebagai teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa dalam mata kuliah model pembelajaran SD berpersepsi Quizizz memiliki unsur kemutakhiran yang sesuai dengan era society 5.0. Penggunaan Quizizz dalam kuis interaktif memberikan kepuasan terhadap mahasiswa dengan adanya transparansi nilai hasil kuis tersebut. Mahasiswa berpendapat Quizizz mudah dan fleksibel dalam penggunaanya karena kuis dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan gadget. Gamifikasi yang terdapat dalam Quizizz menjadikan motivasi belajar mahasiswa menjadi meningkat, tertutama dalam mengerjakan soal kuis menjadi tidak membosankan. Implikasi penelitian ini perlu adanya pelatihan bagi dosen guna mengembangkan kompetensi digital seperti membuat kuis interaktif berbasis artificial intelligence

References

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan quizizz dalam pembelajaran akuntansi konsolidasi bank syariah di iain ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 128–138.

Anggraeni, N. K. P., & Sari, R. K. (2022). Pandangan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 8(2), 762. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14066

Asria, L., Putrie, D. R., Tidar, U., & Tengah, J. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Penggunaan Platform Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Online. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1466

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.

Creswell, J. W. (2014). Research Design?: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publications.

Darmawan, M. S., Daeni, F., & Listiaji, P. (2020). THE USE OF QUIZIZZ AS AN ONLINE ASSESSMENT APPLICATION FOR. Unnes Science Education Journal, 9(3), 144–150.

Elnovreny, J. (2021). Training in the Use of the Quizizz Application for Impressive and Modern Online Learning for the Z Generation. International Journal of Engagement and Empowerment, 1(2), 86–91. https://ije2.esc-id.org/index.php/home/article/view/20

Kumar, R. (2011). Research Methodology: a step by step guide for beginners (3rd ed.). SAGE Publications.

Lokman, A. A., Fadzil, M. F. M., Zulkafli, N. S., & Fitri, B. M. (2022). Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Agama ( CTU ) di UiTM Sewaktu Pandemik Covid-19. E-Journal of Islamic Thought and Understanding, 1, 82–93.

Manda, D., Arifin, I., & Darmayanti, D. P. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan di Jurusan Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 653–658.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.

Sarassanti, Y., Hasmy, A., Padang, U. T., & Inferensia, S. (2023). STATISTIKA INFERENSIA. 3(1), 19–22.

Sari, D. P., Wahyu, R., Putra, Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh metode kuis interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah trigonometri. 63–72.

Simbolon, N., Silitonga, M., Simanjuntak, E., & Purnomo, T. (2022). Development of Audio-Visual Learning Media IT-Based on Thematic Learning Primary School. https://doi.org/10.4108/eai.21-12-2021.2317281

Sinta, I., Rahayu, D., & Purnawarman, P. (2019). The Use of Quizizz in Improving Students ’ Grammar Understanding through Self-Assessment. 254(Conaplin 2018), 102–106.

Sukmawaty, W. E. P., & Setiarini, Y. F. (2023). Persepsi Mahasiswa Vokasi Aks-Akk Terhadap Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Mata Kuliah Pengetahuan Tata Busana. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 75–82. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1386

Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 3(1), 15–20. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mipa/%0AImplementasi

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Asidiqi, D. F., & Adiputra, D. K. (2024). Persepsi Mahasiswa PGSD terhadap Implementasi Quizizz sebagai Media Kuis Interaktif Berbasis Artificial Intelligence. Jurnal Basicedu, 8(1), 568–575. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7168

Issue

Section

Articles

Citation Check