Pengembangan Media Kartu Kuartet Shadow Puppet (KKSP) pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7175Keywords:
media pembelajaran, kartu kuartet, seni rupaAbstract
Penelitian dan pengembangan dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran terkait dengan keterbatasan media yang digunakan guru ketika pembelajaran. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kemenarikan dari Media Kartu Kuartet Shadow Puppet (KKSP) yang dikembangkan. Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan yakni model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kevalidan media KKSP sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Keefektifan media diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, peserta didik, dan ketuntasan tes secara klasikal. Pada kelompok kecil medapat persentase dengan kategori sangat efektif dengan rincian aktivitas guru 90% dan aktivitas peserta didik 93%. Pada kelompok besar juga mendapat persentase dalam kategori sangat efektif dengan rincian aktivitas guru 91% dan aktivitas peserta didik 94%. Ketuntasan belajar klasikal peserta didik mendapat persentase sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa media KKSP yang dikembangkan sangat efektif dalam pembelajaran. Persentase kemenarikan didapat dari angket respon guru dan peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 95% kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka Media Kartu Kuartet Shadow Puppet (KKSP) yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat efektif, dan sangat menarik untuk digunakan pada pelajaran seni rupa kelas IV
References
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5077.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani, Ed.; Revisi). PT Bumi Aksara.
Ariyanti, S. E., & Ary, D. da. (2020). MEDIA KARTU KUARTET DIKDA SENI TARI BERBASIS OUTDOOR LEARNING. Joyful Learning Journal, 9(2), 76.
Audri, A. F., Gandamana, A., Simanjuntak, S., Tarigan, D., & Tambunan, H. P. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Tematik pada Tema Lingkungan Sahabat Kita terhadap Siswa Kelas V SDN 104188 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2820.
Azhar, W. I., & Wulandari, R. N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card pada Mata Pelajaran OTK Sarpras Kelas XI OTKP SMKN 10 Surabaya. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1357.
BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 7.
Febrianti, F. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. 2(1), 667–677.
Giwangsa, S. F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 42.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Ismail, I., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2020). PENGEMBANGAN KARTU KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 237–245.
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode ADDIE. JAVIT?: Jurnal Vokasi Informatika, 2(1), 23.
Mamente, N. K. S., Irmawanty, I., & Anisa, A. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Perpindahan Kalor. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1897.
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 47.
Manurung, H. M., Oktavia, N., Ubaidillah, A., Nurjamin, A., Janna, I. M., Prodyanatasari, A., Nurhasanah, S., & Prayogi, A. (2023). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI. CV. Pustaka Peradaban.
Mukholifah, M., Trisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 677.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., & Fadhlurahman Jamirullah, R. (2021). Pengambangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 132.
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 58.
Septiana, A. D. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Modul Berbasis Aplikasi. UIN Raden Intan Lampung.
Sutirman. (2023). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wilda Maulidiyah Saniyah, Parrisca Indra Perdana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).