Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Nenda Nenda Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Saiful Muktiali Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Djoko Nugroho Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7187

Abstract

Adab peserta didik di MTs Albaqiyatusholihat Cibarusah dinilai kurang baik, terlihat dari perilaku dan sikap yang tidak sopan terhadap guru. Beberapa peserta didik menunjukkan sikap melawan, menolak mengerjakan tugas, dan tidak mematuhi tata tertib sekolah. Pentingnya peran guru akidah akhlak menjadi sorotan, di mana guru berperan sebagai contoh dalam perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadits. Tujuan dari penelitian ini mencakup pemahaman peran guru akidah akhlak, evaluasi akhlak peserta didik, serta metode peningkatan akhlak di MTs Albaqiyatusholihat Cibarusah Bekasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proposive Sampling, dengan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru akidah akhlak sangat signifikan dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Guru berperan sebagai suri tauladan dengan memberikan contoh yang baik serta menanamkan ajaran dan nilai Islam. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan dalam akhlak peserta didik yang perlu diperbaiki. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru akidah akhlak menerapkan metode peningkatan akhlak. Salah satu metode yang diterapkan adalah kegiatan tadarus sebelum pelajaran dimulai, Baca Tulis Qur’an (BTQ), Shalat wajib dan Shalat Dhuha berjamaah, serta Kuliah Tujuh Menit (Kultum). Melalui metode ini, diharapkan peserta didik dapat memperbaiki akhlak mereka sesuai dengan ajaran Islam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran guru akidah akhlak di MTs Albaqiyatusholihat Pabuaran Cilegon sangat penting dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Metode peningkatan akhlak yang diterapkan menjadi sarana efektif untuk mengatasi permasalahan akhlak yang ada di sekolah tersebut

References

Adiyono, A., & Rohimah, N. (. (2021). No Title. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1, 867–876.

Adiyono, A., Agnia, A. S., & Maulidah, T. (. (2023). No Title. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1, 124–130.

Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2022). No Title. Journal of Islamic Education, 6, 104–115.

Agustinus Hermino. (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. ALFABETA.

Aini, Q. (2023). No Title. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2, 999–1008.

Al Rashid, B. H., Sara, Y., & Adiyono, A. (. (2023). mplementation Of Education Management With Learning Media In Era 4.0. International Journal of Humanities, Social Sciences and Business (INJOSS), 2, 48–56.

Hadijaya, Y. (2015). Pengembangan Kurikulum Integratif Pendidikan Dasar Dan Menengah Menuju Pembelajaran Efektif Sebuah Analisis Kritis. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 280–312.

Kambey, Made Pidarta. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. PT Rineka Cipta,.

Khalid Rahman. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Terintegrasi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, 02.

Nanang Fatah. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syarifudin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Grasindo.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Nenda, N., Edy, S., Muktiali, S., & Nugroho, D. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di Madrasah Tsanawiyah . Jurnal Basicedu, 8(1), 799–805. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7187

Issue

Section

Articles

Citation Check