Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Financial Literacy pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Wulan Andriyani Saputri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Dian Anggraeni Maharbid Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7215

Abstract

Financial literacy adalah salah satu dari literasi dasar yang harus dimiliki sejak usia dini, karena merupakan bekal dalam pengelolaan keuangan di masa mendatang. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar tujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model role playing terhadap kemampuan financial literacy pada siswa kelas IV SDN Bahagia 01. Pada penelitian ini digunakan metode Nonequivalent control group design. Penelitian menunjukkan hasil yaitu: (1) Kemampuan financial literacy siswa setelah dilaksanakan model role playing mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 65 menjadi 81; (2) Siswa dengan kategori well literate memiliki persentase 32,15% lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan eksperimen; (3) Efektifitas model role playing berdasarkan uji N-Gain Score memperoleh hasil 0,5087 yang berada pada kategori sedang; (4) Uji independent samples t-test diperoleh hasil 0,001<0,005, sehingga model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap kemampuan financial literacy pada siswa kelas IV SDN Bahagia 01. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasannya model role playing efektif dan dapat meningkatkan kemampuan financial literacy siswa

References

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Badan Pusat Statistik. (2023). Berita Resmi Statistik?: Ekonomi Indonesia Triwulan II-2023 Tumbuh 5,17 Persen (y-on-y). Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/08/07/1999/ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2023-tumbuh-5-17-persen--y-on-y-.html

Bank Indonesia. (2022). Bank Indonesia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 4,5-5,3% Dan Inflasi Akan Kembali Ke dalam Sasaran 3,0±1% PADA TAHUN 2023. Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2432222.aspx

Diana, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing di SD Negeri 39 Sungai Raya. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 206–213. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.722

Hutagaol, R. S., Sirait, J., Thesalonika, E., & Sihite, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124391 Pematang Siantar. Journal on Education, 06(01), 2915–2923.

Kusna, R. M., Aqib, M. A., & Maharbid, D. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2576

Mardiana, M., Ganda, N., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh Metode Role Playing dalam Pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 72–76. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32739

Murdy, K., & Wilyanita, N. (2023). Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 211–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3795

Nalendra, A. R. A., Kussanti, D. P., Widyastuti, I., Mayasari, L. I., Maesaroh, Sari, M. M., Paduloh, Sari, R., Ningsih, R., Asworowati, R. D., Pribadi, R. M., Lestari, S., Zahra, & Penerbit. (2023). Manajemen Kelas (Y. Janah; & S. H. Winarno (eds.)). MEDIA SAINS INDONESIA.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurhayati, D., & Indrawati, D. (2023). Literasi Keuangan Dalam Kegiatan Market Day Di Sdit At-Taqwa Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1687–1697. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54033

Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 113. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p113-118

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Ojk.Go.Id. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Ojk.Go.Id. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022/SP - SURVEI NASIONAL LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN TAHUN 2022.pdf

Pertiwi, A. P., Arsyah, R. N., Audina, M., Chaerunnisa, H., & Marini, A. (2023). Penerapan Metode PBL Dengan Bantuan Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS di Sd. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 3(5), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.582

Suryanto, S., & Rasmini, M. (2018). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1336

Ubudiyah, I., & Hosanah, R. (2023). Penerapan Metode Role Playing ( Bermain Peran ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Kegiatan Ekonomi Peserta Didik Kelas IV C UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan. INNOVATIF?: Journal of Social Science Research, 3(2), 4435–4444.

Wati, N. N. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Bermuatan Cerita Ramayana terhadap Hasil Belajar IPS. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 161–170. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Saputri, W. A., & Maharbid, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Financial Literacy pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1019–1028. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7215

Issue

Section

Articles

Citation Check