Filsafat Ilmu sebagai Pengembangan Nilai Pancasila dalam Mengatasi Krisis Kebangsaan

Authors

  • Muhammad Awin Alaby STKIP Kusumanegara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7322

Keywords:

The Philosophy Of Science, Pancasila values, National Crisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana filsafat ilmu sebagai pengembangan nilai pancasila dalam mengatasi krisis kebangsaan. Filsafat ilmu begitu penting digunakan secara ilmiah untuk mengatasi krisis kebangsaan yang bermuara pada melemahnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila. Metode penelitian ini adalah Library Research Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan peneliti agar masalah yang diangkat oleh peneliti dapat teruraikan lebih dalam dan menjadi acuan teori bagi peneliti lain dalam menganalisis data yang bersifat tidak langsung.Teknik penelitian ini didasari dengan kajian literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa krisis kebangsaan yang ditandai dengan melemahnya pemahaman dan penghayatan masyarakat dapat diatasi dengan melakukan pengembangan nilai pancasila dan perbaikan untuk mengembalikan fungsinya serta mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila yang memiliki ilmu pengetahuan dan hakekat pengetahuan yang dapat dikaji melalui filsafat ilmu, baik secara ontologi, epistemologi, dan secara aksiologi.

References

Abdulgani, R. (1998). Pancasila Perjalanan Sebuah Ideologi. Jakarta: LP3ES.

Ahmad Tafsir. (2005). Filsafat Ilmu Mengurai Ontologi,Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Alaby, M. A. (2019). Filsafat Ilmu. Aceh: CV Bunda Ratu.

Alaby, M. A. (2019). MEMBUMIKAN NILAI PANCASILA PADA GENERASI BANGSA. Gema Wiralodra, 10(2). https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.75

Bakry, N. M. (2001). Orientasi Filsafat Pancasila. Liberty: Yogyakarta.

Edwin, Ferry, dkk. (2006). PROF.NOTONAGORO DAN PANCASILA: ANALISIS TEKSTUAL DAN KONTEKTUAL. Yogyakarta: UGM Press.

Gie, T. L. (2007). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.

Hadi, H. (1994). Hakikat dan Muatan Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Kanisius.

ICW. (n.d.). antikorupsi.org. Retrieved from https://antikorupsi.org/id

Kaelan. (2013). Negara kebangsaaan Pancasila , kultural, historis, filosofis, yuridis dan aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Sutrisno, S. (2006). Filsafat dan Ideologi Pancasila. Yogyakarta: Andi Press.

Wibisono Siswomihardjo, K. (1995). Peran Filsafat Dalam Hidup Berbangsa, dalam Alex Lanur (ed), Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka: Problem dan Tantanganya. Yogyakarta: Kanisius.

Widjaja. (2004). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan HAM di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Alaby, M. A. (2024). Filsafat Ilmu sebagai Pengembangan Nilai Pancasila dalam Mengatasi Krisis Kebangsaan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1298–1307. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7322

Issue

Section

Articles

Citation Check