Pengembangan Website “SAGA” (Sejarah Arab Pra-Islam di Game Angkasa) tentang Kisah Kondisi Arab Pada Pembelajaran PAI Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Alma Linta Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Amelia Zahra Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Renanda Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7332

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memiliki berbagai manfaat terutama di dunia Pendidikan, banyaknya aplikasi digital yang bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran contohnya website. Pengembangan website ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami sejarah Arab pra-Islam dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Dalam proses pengembangan, model ADDIE digunakan untuk mengatur tahapan pengembangan media pembelajaran, yang termasuk analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Dalam penilitian ini juga mencakup tentang kisah kondisi Arab pada masa pembelajaran PAI Kelas III SD, yang menggunakan media pembelajaran berbasis visual untuk membantu peserta didik memahami sejarah Arab pra-Islam lebih baik Website, vidio motion graphic, dan games digunakan sebagai alat untuk membuat sejarah Arab pra-Islam lebih menarik dan mudah dipahami bagi peserta didik. Dari berbagai data yang di kumpulkan produk digital ini akan bermanfaat bagi para guru dalam proses pembelajaran sejarah Arab pra-Islam di Kelas III SD, serta bagi para pemilik website yang ingin membangun media pembelajaran berbasis visual yang efektif

References

Adyani, L., & Agustini, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Interaktif Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 4(2), 648–657.

Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Primary?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Development of Word Wall Educative Game As Learning Media To Understand Islamic Religious Education Learning Subjects for Eleme. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852.

Aeni, A. N., Khairunnisa, K., Lestari, L. R., & Ramadhina, R. (2023). Penggunaan MIPA (Media Interaktif Petualangan Ali) Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Materi Dakwah di SD Kelas 6. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 827.

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Arum, E. G., Nisamaulidza, S. Z., Fitriyah, S. R., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Web Interaktif (Google Site) dalam Membangun Wawasan Dakwah Islam bagi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3723–3730.

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72.

Branch, R.M (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media

Faisal, H. D., & Susanto, A. D. (2019). Peran Masker/Respirator dalam Pencegahan Dampak Kesehatan Paru Akibat Polusi Udara. Jurnal Respirasi, 3(1), 18.

Hasibuan, D. S. (2022). Peradaban Pra Islam dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(3), 286–302.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Ita Rosita. (2023). Penerapan Metode Smart Game Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas Di Sdit Insan Mulia Jakarta. Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 66–74.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546.

Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395–2405.

Rabbani, D. A., & Najicha, F. U. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia. Researchgate.Net, November, 0–13.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2005). Developmental research methods: Creating knowledge from instructional design and development practice. Journal of Computing in Higher Education, 16(2), 23–38.

Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati, & Tresnawati, D. (1923). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 148.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54.

Sinaga, M. I., Simaremare, A., & Wau, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Qr Code Generator untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(6), 9887–9897.

Solihatini, I. T., Abidin, Y., & Aljamaliah, S. N. M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa?: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 80–89.

Susilawati, A., & Chairunnisa, S. (2019). Investigating the effect of Canva on students’ writing skills. ENGLISH REVIEW: Journal of English Education, 7(2), 169–176.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Linta, A., Zahra, A., Rahayu, R., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Website “SAGA” (Sejarah Arab Pra-Islam di Game Angkasa) tentang Kisah Kondisi Arab Pada Pembelajaran PAI Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1346–1356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7332

Issue

Section

Articles

Citation Check