Pengembangan Media Beruang Berbasis Augmented Reality untuk Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Fajariyah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Umi Hanik Universtas Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7346

Keywords:

Development, BERUANG Learning Media, Augmented Reality

Abstract

Konsep geometri bangun ruang dalam pembelajaran matematika memiliki kedudukan yang penting. Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “BERUANG” berbasis augmented reality yang layak untuk peserta didik kelas V sekolah dasar yang ditinjau dari kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perolehan persentase dari masing-masing validator ahli sebesar: 1) 72,5% untuk ahli desain pembelajaran dengan kriteria valid, 2) 93,33% untuk ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat valid, dan 3) 82,5% untuk ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil keefektifan ditinjau dari: 1) observasi aktivitas guru sebesar 95,84% berada pada kriteria sangat aktif, 2) observasi aktivitas siswa sebesar 97,55% berada pada kriteria sangat aktif, dan 3) ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%. Hasil tinjauan keefektifan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran BERUANG efektif. Hasil tinjauan kepraktisan dari angket respon guru dan siswa memperoleh persentase masing-masing sebesar 100% dan 93,75% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menujukkan media pembelajaran BERUANG berbasis augmented reality valid, efektif, dan praktis digunakan pada materi bangun ruang untuk kelas V sekolah dasar

References

Akbar, S. 2017. Intrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amin, D. dan Govilkar, S. 2015. “Comparative Study of Augmented Reality Sdk’s.” International Journal on Computational Sciences & Applications (IJCSA) 5(1):11–26.

Aripin, I. dan Suryaningsih, Y. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Konsep Sistem Saraf.” Sainsmat, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam 8(2):47–57.

Azuma, Ronald T. 1997. “A Survey of Augmented Reality.” Teleoperators and Virtual Environments 6(4):355–85.

Fajari, U. N. 2020. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang.” Jurnal Kiprah 8(2):113–22.

Fatimah, S., dan Mufti, Y. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa.” Jurnal Kaunia 1(10):59–64.

Hidayat, L. 2024. “Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.” Journal of Education Research 5(1):781–94.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Janti, S. 2014. “Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen.” Pp. 155–60 in Prosiding of Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta.

Manuri, F. dan Sanna, A. 2016. 2015. “A Survey on Applications of Augmented Reality.” ACSIJ Advances in Computer Science: An International Journal 5–1(19):18–27.

Milala, H. F. et al. 2022. “Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 11(2):195–202.

Mukti, Fajar Dwi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Di Kelas V MI Wahid Hasyim.” Elementary Islamic Teacher Journal 7(299–322).

Mulyadi, I., dan Muhtadi, D. 2019. “Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika 1(4):2–8.

Nur’aeni, E. 2010. “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele.” Jurnal Saung Guru 2(1):28–34.

Piaget, Jean. 2010. The Psychology of the Child. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmawati, Wijayanti. R., dan Anugraini. A. P. 2020. “Pengembangan Eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) Dengan Penguatan Karakter Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(9):92–105.

RI, Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi.

Santoso, S. 2014. Statistik NonParametrik. Jakarta: PT Elex Media Kamputindo.

Saputra, A. D. S. dan Yubiarti, N. 2018. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Instalasi Motor Listrik Program Keahlian TIPTL SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika 8(6):512–20.

Sonda, R., Alimuddin, dan Asdar. 2016a. “Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Setting Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Simbuang.” Jurnal Daya Matematis 1(4):1–12.

Sonda, R., Alimuddin, dan Asdar. 2016b. “Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Setting Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Simbuang.” Jurnal Daya Matematis 1(4):1–12.

Sugiyono. 2020. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Van de Walle, J. A. 2001. Geometric Thinking and Geometri Concepts. In Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally, 4th Ed. Boston: Allyn and Bacon.

Yudha, R. P. 2020. Asesmen Unjuk Kerja Geometri. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Fajariyah, N., & Hanik, U. (2024). Pengembangan Media Beruang Berbasis Augmented Reality untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1524–1534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7346

Issue

Section

Articles

Citation Check