Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393Abstract
Penelitian ini didorong oleh perlunya menggunakan sarana pendidikan yang interaktif dan menyenangkan, yang bertujuan untuk menarik minat siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi dalam proses pembelajaran serta keterlibatan sosial siswa sekolah dasar kelas empat dalam pembelajaran IPS. Dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), khususnya model ADDIE, penelitian ini berfokus pada tahap awal: analysis (analisis). Populasi penelitian ini adalah pendidik dan siswa kelas IV SD Budi Wanita. Sampel penelitian ini adalah seorang guru dan 17 siswa SD Budi Wanita. Metode pengumpulan data kualitatif yaitu wawancara dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Temuan dari angket siswa menunjukkan bahwa 82% responden menyatakan minat dan setuju mengenai integrasi media pembelajaran ular tangga digital berbasis Genially ke dalam pembelajaran IPS. Selain itu, guru mengakui potensi media pembelajaran digital ini untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, hasil analisis kebutuhan guru dan siswa mengindikasikan bahwa media permainan ular tangga digital berbasis genially diperlukan oleh siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk pengembangan media ular tangga digital agar dapat mendorong peningkatan partisipasi belajar siswa dan menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas IV sekolah dasar
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77–89. https://www.researchgate.net/publication/316926030
Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(1), 22 – 35. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/3976
Anggraini, D., Relmasira, S., & Hardin, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324-333. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379
Daloukas, V., Rigou, M., & Sirmakessis, S. (2012). Is there a place for casual games in teaching and learning? the snakes and ladders case. International Journal of Game-Based Learning, 2(1), 16–32. https://doi.org/10.4018/ijgbl.2012010102
Djamaluddin, A., Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Kaafah Learning Center. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1639/
Dynawantika, R., Ambarwati R., & Putri, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Berbasis Qr-code Pada Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan RME kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 252-261. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Gebi, S., Mardongan, K., Julianda, R., & Kusyanto, E. (2021). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2), 357-364. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat Sekolah Dasar serta Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034
Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto, S. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Syntax Idea, 3(8), 1834-1846. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1418
Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa., 15(1), 59-79. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17588
Inayah, A. A., & Zubaidah, E. (2020). Implementation of Dakon-themed game media: Encourage curiosity 21st century in primary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(4), 609–616. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.15091
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, VII(1), 91-96. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778/1411
McCormack, O., O’Flaherty, J., & Liddy, M. (2021). Student’s Views On Their Participation In Publicly Managed Second Level School In Ireland: The importance of student-teacher relationships. Educational Studies, 47(4), 422–437. https://doi.org/10.1080/03055698.2019.1706041
Mohammad, N., Nica, M., Levere, K. M., & Okner, R. (2023). Promoting engagement via engaged mathematics labs and supportive learning. International Electronic Journal of Mathematics Education, 18(2), 1-13. https://doi.org/10.29333/iejme/12960
Rajab, T. A., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Ular Tangga Berbasis Digital Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1531. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2612
Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 327–335. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74
Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Pendekar Jurnal: Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33-43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar
Sarwendah, A. P., Azizah, N., & Mumpuniarti, M. (2023). The use of technology in hybrid learning for student with special needs. Journal of Education and Learning, 17(2), 317–325. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20810
Stevi & Haryanto. (2020). Need Analysis of Audio-Visual Media Development to Teach Digestive System for Elementary School. International Technology and Education Journal, 4(1), 22-29. https://eric.ed.gov/?id=EJ1286666
Sumarsih, T., & Wirdati, W. (2022). Enam Alasan Guru Menggunakan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran PAI. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 123–132. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.170
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Yuni, Y. A., Zulhanan, Z., & Sodikin, S. (2019). Pengembangan Permainan Ular Tangga Bernuansa Islami Untuk Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4343
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nabila Putri Herdianti, Wirda Hanim, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).