Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Erly Kusuma Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7433

Keywords:

Wordwall, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Hasil belajar bahasa Indonesia  materi pokok unsur intrinsik cerita pada siswa sekolah dasar kelas V masih rendah. Penelitian ini bertujuan peningkatan hasil belajar siswa pada materi unsur intrinsik cerita melalui pemanfaatan game edukasi wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menerapkan  penelitian tindakan kelas yang terdiri pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilasanakan di SD Negeri Dolokgede Tambakrejo Bojonegoro pada kelas V tahun pelajaran 2023/2024 dengan subyek 23 siswa. Berdasarkan temuan, dari 23 siswa yang mengikuti tes sebelum memanfaatkan game edukasi wordwall, baru 13 siswa atau 56,52% yang mencapai KKM. Setelah pemanfaatan game edukais wordwall terlihat adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihst dari hasil evaluasi siklus pertama 17 siswa atau 73,91% yang tuntas, dan siklus kedua 22 siswa atau 95,65% yang tuntas. Dari penelitian ini  disimpulkan bahwa pemanfaatan game edukasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa khusunya materi unsur intrinsik cerita.

References

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Dewi, S. A, Titis, A. R, dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Menggunakan Model PBL Berbantuan E-Book Interaktif Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 08, 1–13.

Eko Saputri, I. R., Reykha Putri, S. E., Wulandari, R., Fajriani, S. F., & Hajron, K. H. (2023). Implementasi Game Pembelajaran Interaktif Wordwall. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 101. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.101-112

Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA, 219–227.

Hasram, S., Nasir, M. K. M., Mohamad, M., Daud, M. Y., Rahman, M. J. A., & Mohammad, W. M. R. W. (2021). The effects of wordwall online games (Wow) on english language vocabulary learning among year 5 pupils. Theory and Practice in Language Studies, 11(9), 1059–1066. https://doi.org/10.17507/tpls.1109.11

Hidayat, T., Hidayatullah, A., & Agustini, R. (2019). Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 59. https://doi.org/10.33603/dj.v6i2.2111

Karim, F. F. Al, & Agustin, I. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi Dengan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sidomukti. Prosiding SNasPPM, 8(1), 346–353.

Khairunnisa. (2023). Seminar Nasional LPPM UMMAT Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta didik Kelas IV SDN. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2(April), 353–361.

Lestari, M. K., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 117–124. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/15346

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., Naila, I., & Muhammadiyah, U. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Octaviana, A., Marlina, D., & Kusumawati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Grudo 3 Ngawi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 6752–6760.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Rodzikin, K., & Mareta, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19129

Shidiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word Wall Sebagai Media Game Based Learning Untuk Bahasa Arab. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Suarmini, N. K., & Nurjaya, I. G. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 395–412.

Wahyu Ningtia, M., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 10 No 06 (2022), 1304–1318. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47174

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Kusuma, E., & Fadiana, M. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566–1573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7433

Issue

Section

Articles

Citation Check