Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Komik terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ratna Hayu Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang , Indonesia
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7531

Keywords:

aplikasi Canva, komik, kreativitas siswa, sekolah dasar

Abstract

Pengembangan kreativitas siswa dapat didorong melalui berbagai metode dan media pembelajaran dengan mengugnakan aplikasi Canva. Penelitian ini mengevaluasi pengaruh penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan komik terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan Canva dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam skor kreativitas posttest dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data dari observasi dan kuesioner juga menunjukkan tingkat keterlibatan dan motivasi yang lebih tinggi pada siswa yang menggunakan Canva. Analisis data menggunakan uji t-berpasangan dan uji t-tidak berpasangan mendukung hipotesis bahwa Canva efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Temuan ini konsisten dengan teori konstruktivisme dan penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya media digital dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi aplikasi Canva dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif signifikan terhadap pengembangan kreativitas siswa, serta merekomendasikan penggunaan alat digital serupa untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan dinamis. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif yang mendukung keterampilan abad ke-21.

References

Amirudin, A., Hamdaniyah, S., Muchsin, M. A., Muhajir, M., & Hatip, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Memanfaatkan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4845–4849. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4359

Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533

Ardana, D. M., Dayu, D. P. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 407. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1697

Bose, S., & Singh, P. (2023). The Potential of Digital Comics in The Classroom. 020111. AIP Conf. Proc. 2782, 020111 (2023) https://doi.org/10.1063/5.0154181

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Fazriyah, N., Yulianti, A., & Saraswati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 104–111. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1697

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Hardhita, R. S. (2022). Penerapan Aplikasi Canva pada Pembelajaran SBdP Kelas VI Semester I Materi Membuat Poster. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1134–1140. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1134-1140

Ismun, A. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/issue/view/6), 247.

Istiq’Faroh, N., Suhardi?, S., & Mustadi, A. (2020). Improving Elementary School Students’ Creativity and Writing Skills Through Digital Comics. ?lkö?retim Online, 426–435. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.689661

Khisbiyah, N., Harsiati, T., & Widyartono, D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Komik terhadap Keterampilan Berbicara (Kajian Meta-Analisis). Jurnal Basicedu, 8, 1535–1544. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7419

Lubis, A. P. S., & Silalahi, B. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tematik Tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas I SD Muhammadiyah Sei Rampah. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 3(2), 228–237. https://doi.org/10.57251/sin.v3i2.1073

Manoi, G., & Soesanto, R. H. (2022). Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating The Activeness of Students Through The Implementation of Interactive Media in Online Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 43. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.4602

Muh Ali, A., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8, 1500–1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432

Selfa-Sastre, M., Pifarré, M., Cujba, A., Cutillas, L., & Falguera, E. (2022). The Role of Digital Technologies to Promote Collaborative Creativity in Language Education. Frontiers in Psychology, 13, 828981. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.828981

Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14779

Tang, C., Mao, S., Naumann, S. E., & Xing, Z. (2022). Improving Student Creativity Through Digital Technology Products: A Literature Review. Thinking Skills and Creativity, 44, 101032. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101032

Vishkaie, R., Shively, K., & Wessel Powell, C. (2018). Perceptions of Digital Tools and Creativity in The Classroom: International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 9(4), 1–18. https://doi.org/10.4018/IJDLDC.2018100101

Wang, B., & Li, P. (2022). Digital Creativity in STEM Education: The Impact of Digital Tools and Pedagogical Learning Models on The Students’ Creative Thinking Skills Development. Interactive Learning Environments, 1–14. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2155839

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Praktis bagi Guru dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.127

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hayu, R., Anggraini, A. E., & Dewi, R. S. I. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Komik terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7531

Issue

Section

Articles

Citation Check