Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di Sekolah Dasar

Authors

  • Raditya Rizky Darmawan Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Arifin Maksum
  • Nina Nurhasanah

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7698

Keywords:

Game Online, Motivasi, Sekolah Dasar

Abstract

Fenomena kecanduan terhadap game online sudah merambah ke kalangan siswa sekolah dasar yang menyebabkan siswa terfokus pada kegiatan bermain game saja sehingga kegiatan belajar atau hal-hal penting lainnya seringkali terlupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan mengenai tingkat kecanduan game online dengan motivasi belajar siswa kelas III di SDN Jagakarsa 07. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Jagakarsa 07, yaitu 81 siswa. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data bersifat normal dan linear. Hasil uji korelasi diperoleh nilai pearson correlation antara tingkat kecanduan game online dengan motivasi belajar siswa kelas III SDN Jagakarsa 07 sebesar -0,507 dan nilai p value <0,001 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara tingkat kecanduan game online dengan motivasi belajar siswa kelas III di SDN Jagakarsa 07. Keinginan untuk bermain game online dapat menggeser fokus anak dari aktivitas belajarnya, mengabaikan tugas-tugasnya, dan bahkan merasa malas untuk belajar

References

Agustini, W., & Marleni. (2023). The Impact of Online Game Addiction on Learning Enthusiasm to Promote the Students’ Motivation to Learn. Journal of English Study Programme, 6(2), 370–382. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/esteem.v6i2.12328

Amalia, A. N., Hakim, L., & Hera, T. (2022). Analisis Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1754–1760. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5578

Anggraini, S., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). Hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. https://apjii.or.id/

Astuti, N. (2023). Implikasi Kebersihan terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 2 Loktabat Utara. Journal on Education, 05(02), 2305–2310. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.885

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ena, Z., & Djami, S. H. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Among Makarti, 13(2), 68–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52353/ama.v13i2.198

Hanum, U. L., Masturi, M., & Khamdun. Khamdun. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2443-2450. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1123

Irawan, S., & Siska W, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v7i1.5646

Jafri, Y., Yuni, S. R., & Sari, Y. P. (2018, Agustus). Bermain Game Online dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, (Vol. 1, No.1). https://www.jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/62

Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Bosco, F. H. H. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 709–719. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4239

Larasati, E. D., Kanzunnudin, M., & Pratiwi, I. A. (2023). Dampak Intensitas Bermain Online Game Terhadap Motivasi Belajar dan Perilaku Sosial Anak. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 112–123. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.495

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01

Lukmana, D. A., & Djamaluddin, M. (2023). Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar di Kota Tidore Kepulauan yang Mengalami Kecanduan Game Online serta Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 15(1), 39–53. http://36.93.48.46/index.php/foramadiahi/article/view/994

Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Intrinsik di dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Murabbi, 2(2), 1–12. http://junal.staisabili.net/index.php/murabbi/index

Rahayu, I. S., Karana, I., Hardiansyah, M. A., Dewi, D. H., & Elihami, E. (2021). Relationship of Online Game Addiction with Learning Motivation in School Age Children on COVID-19 Pandemic. Linguistics and Culture Review, 5(1), 384–396. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5n1.1650

Solikhah, F. (2018). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Al Isyraq , 1(1), 62–82. https://doi.org/https://doi.org/10.59027/alisyraq.v1i1.5

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; Kedua, Vol. 3). Bandung: Alfabeta.

Utari, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 491–502. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1015

Wiguna, R. I., Menap, H., Alandari, D. A., & Asmawariza, L. H. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Surya Muda, 2(1), 18–26. http://journals.umkaba.ac.id/index.php/jsm/article/download/48/44

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Darmawan, R. R., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2292–2302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7698

Issue

Section

Articles

Citation Check