Pengembangan Media Pembelajaran Jojo Siaga untuk Menstimulasi Pemahaman Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Sevita Martha Ferinda Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Yudithia Dian Putra , Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Samawi Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7822

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah kurangnya pemahaman mitigasi bencana dikalangan anak-anak karena kurangnya media pembelajaran yang memuat materi tentang mitigasi bencana gempa bumi mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan riwayat gempa tertinggi berdasarkan letak geografisnya. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran interaktif bernama Jojo Siaga yang mampu meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi ditinjau dari aspek keefektifan, keefisienan, dan kemenarikan media. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil yang didapatkan pada proses validasi yaitu validasi ahli materi dengan persentase 97,5%, validasi ahli media 95%, validasi pengguna  92,46%. Hasil yang didapatkan pada uji coba kelompok kecil yaitu pada aspek keefektifan media 90%, aspek keefisienan 92,5%, dan aspek kemenarikan 97,5%. Hasil yang didapatkan pada uji coba kelompok besar yaitu pada aspek keefektifan 95,63%, aspek keefisienan 94,38%, dan aspek kemenarikan 98,75%. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media Jojo Siaga dinyatakan sangat layak dan sangat valid untuk dapat digunakan pada anak usia 5-6 tahun dengan lingkup materi mitigasi bencana gempa bumi.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung?: PT Remaja Rosdakarya.

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh?: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. 1(2005), 508–512.

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609–615. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.609-615

Istim, N., Hendratno, H., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Loose Part Bahan Plastik terhadap Perkembangan Bahasa dan Fisik Motorik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8572–8584. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3793

Listya Purnamasari, N., Haris Indrakusuma, A., & Dirgantoro, A. (2018). Efektivitas Dan Efisiensi Pembelajaran Berbasis Jejaring Sosial Edmodo(Social Learning Network)Pada Mahasiswa Stkip Pgri Tulungagung. JOEICT(Jurnal of Education and Information Communication Technology), 2(1), 1–12. https://www.edmodo.com.

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760–2768. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/931

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25–36.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pebmelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750

Sholihah, S. R. U., & Kustiawan, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Edupoint untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7538

Utari, S. M. D., Arifin, I., & Putra, Y. D. (2023). Exploring the Impact of Parent Gathering Programs on Cultivating Religious Character in Early Childhood: A Case Study. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2023.92-05

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081

Wardana, M. A. (2020). Pengembanbangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Tema Tanah Airku Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 159–168. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.159-168

Zahwa, F. A. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal penelitian pendidikan dan ekonomi, 19(01), 61–78.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ferinda, S. M., Kustiawan, U., Putra, Y. D., & Samawi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Jojo Siaga untuk Menstimulasi Pemahaman Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 8(3), 2218–2230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7822

Issue

Section

Articles

Citation Check