Pengaruh Fun Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Syifa Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7928

Abstract

Agar siswa memahami materi yang diberikan oleh guru, pemilihan model pembelajaran yang efektif dan media yang tepat sangatlah penting sepanjang proses belajar. Tujuan studi ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran fun learning yang dibantu dengan media flash card mempengaruhi pemahaman konsep siswa tentang sistem pencernaan. Metodologi kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang dirancang sebagai eksperimen quasi-eksperimental dengan rancangan non-equivalent control group design dengan pola pretest-posttest. Menurut hasil penelitian, kelas eksperimen memiliki skor rerata pretest sebesar 53,60 dan posttest sebesar 81,00, sedangkan kelas kontrol memiliki skor rerata pretest sebesar 51,83 dan posttest sebesar 66,75. Kedua kelas menunjukkan peningkatan pemahaman konsep. Untuk melihat perbedaan efektivitasnya dilakukan uji N-gain dan hasilnya menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor N-gain sebesar 0,6426, sementara kelas kontrol memiliki skor N-gain sebesar 0,2927. Dapat disimpulkan, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran fun learnung yang dibantu oleh media flash card terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan.

References

Aidah Nabilah, G. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4286

Amalia, A. N., Suryono, P. D., & Arthrur, R. (2023). Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Contoh Instrumen Penelitian. PT Nasya Expanding Management.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Asmawandi, A. (2021). Fun Learning Melalui Media Whatsapp Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.16

Chusna, N. L., Aqi, S., Tiyas, S. W., & Kartika, A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Hidup Rukun Kelas Ii Sdn Telang 2. Journal of Elementary Education, 1(2), 106–113. https://doi.org/https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.46

Daga, A. T. (2022). Belonging: Transformation through education. Mereon Matrix, the: Everything Connected through (K)Nothing, 6, 1–24. https://doi.org/10.1142/9789813233560_0004

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Lestari, N., & Dwi Arisona, R. (2023). Pengaruh Metode Fun Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1491

Luh Putu Ari Laksmi, N., & Wayan Suniasih, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Cendikia Pendidikan Konsep Model Pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Miftahul, J., & Jamaludin ujang. (2022). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11172–11176. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10211

Mimi, J., Ramadhan, L., Pratama, R. A., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 404–411. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Muttaqin, A. I., Fadlullah, M. E., & Rohma, P. S. (2021). PENGARUH MODEL FUN LEARNING DENGAN SUPER MEMORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS MAMBA’UL HUDA KRASAK TEGALSARI. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i2.697

Nirwana, S., Azizah, M., & Hartati, H. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning berbantu Quizizz pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.396

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 442. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4472

Okdiansyah, O., Satria, T. G., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1183

Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238

Pradana, B. F. (2022). Pengenalan Dan Penerapan Metode Fun Learning Di Era New Normal Untuk Meningkatakan Minat Belajar Siswa Mi Di Desa Pasunggingan. PROSIDING KAMPELMAS (Kampus Peduli Masyarakat), 1(1), 299–307. https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/download/53/49/128

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sari, F. P., & Ni’matussaleha. (2023). Development of Flashcard Media in Learning Science on Animal Life Cycle Material in Class V Elementary School. 6(Snip 2022), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.83234

Solihin, N., & Muhlis, A. (2023). Menjadi Guru Informatif di Era Teknologi Terkini. Mathla’ul Fatah (Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 14(1), 13–28.

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2022). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 6 No. 4 (2021): Desember, 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Syahid, A. (2019). Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar. Education, 1(1), 171–172.

Syavira, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Tsania, A., & Kurniawati, W. (2024). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1078–1085. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Yasa, I. G. S., & Sudirman, I. N. (2023). Penerapan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Desa Selat Peken Tahun 2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4122–4137. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6767

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Fauziyah, S., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Fun Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2516–2525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7928

Issue

Section

Articles

Citation Check