Pengembangan Media Interaktif Perkembangbiakan Tumbuhan Alami dan Buatan “Bantu Albu” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Digital Native

Authors

  • Komariah Komariah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mintarsih Arbarini Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7942

Keywords:

Digital Native, Hasil Belajar, Media Interaktif

Abstract

Siswa saat ini dididik untuk menjadi digital natives—orang-orang yang kepribadiannya selaras dengan perkembangan teknologi terkini dalam pembelajaran yang interaktif dan menawan—dalam konteks Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengembangkan sumber belajar interaktif tentang Reproduksi Tumbuhan Alam dan Buatan (Bantu Albu) yang dapat didistribusikan dan diakses. Penelitian dan Pengembangan (R&D) bersama dengan model 4D Thiagarajan digunakan dalam langkah-langkah mengidentifikasi, membuat, mengembangkan, dan menyebarkan proses penelitian. Analisis N-Gain hasil belajar siswa kelas III kelas eksperimen kategori tinggi sebesar 0,8 dan kelas kontrol kategori sedang sebesar 0,4, serta produk pembelajaran multimedia interaktif yang dapat diakses secara online melalui website dan divalidasi oleh ahli bahasa, materi pelajaran ahli, dan ahli media dengan rata-rata 0,78 merupakan luaran penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat ketika siswa memahami materi yang telah diberikan. Kondisi siswa kelas III digital native SD Negeri Kedungsukun 01 menunjukkan bahwa media interaktif (Bantu Albu) pada materi ajar Reproduksi Tumbuhan Alam dan Buatan dinilai tepat dan efisien dalam mendorong hasil pembelajaran digital. Siswa kelas III SD Negeri Kedungsukun 01 diberikan penjelasan mengenai reproduksi tumbuhan baik buatan maupun alami

Author Biography

Mintarsih Arbarini, Universitas Negeri Semarang

Lektor Kepala, Pendidikan Luar Sekolah ( S1 ), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

References

Agustina, H., Roesminingsih, M. V., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Ips Di Kelas V. Jurnal Education and Development, 9(2), 567–571.

Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Effendi, A., Nyanasuryanadi, P., Prasetyo, E., Tinggi, S., Agama, I., Smaratungga, B., Williem Iskandar, J., Estate, M., Percut, K., Tuan, S., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Buddha Parinibbana Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education, 05(04), 17435–17443.

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018a). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018b). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446

Fedi, S. R. (2023). Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 309–318. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.265

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hastuti, H., Giatman, G., Muskhir, M., Effendi, H., & Ghoer, F. R. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. Jurnal Basicedu, 7(1), 241–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4300

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Kadek, I., Nata, W., & Semara Putra, N. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. 5(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. In Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) (Vol. 2, Issue 1A). http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.

Nurhalisa, S. S., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Journal Ability?: Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 38.

Rahmah, R., Susilo, H., & Yuliati, L. (2021). Pengembangan Media Interaktif Tema “Sehat itu Penting” untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 70. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14388

Ridwan, Moh. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218

Sujana, I. P. W. M., Sukadi, Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524.

Sumarsono, A., Sianturi, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Musamus, U. (2019). PELUANG MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Surachman, D. (2020). Media Buku Cerita: Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99

Tobba, A., Pagarra, H., & Nurhaedah, N. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Siklus Air” Berbasis Digital. Nubin Smart Journal, 2(3), 17–42.

Wibowo, E. J. (2013). 75 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yusro, A. C., Ramadhani, M. Z., & Wayuni, N. T. (2023). Development of Electronic Worksheet Assisted by Augmented Reality to Improve Learning Outcomes and Interest in Learning Science. Prisma Sains?: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(2), 341. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i2.7583

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Komariah, K., Arbarini, M., Widiarti, N., & Subali, B. (2024). Pengembangan Media Interaktif Perkembangbiakan Tumbuhan Alami dan Buatan “Bantu Albu” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Digital Native. Jurnal Basicedu, 8(3), 2501–2511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7942

Issue

Section

Articles

Citation Check