Pengembangan LKPD Menggunakan Aplikasi E-Book Creator Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Subhan Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia
  • Antik Estika Hader Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia
  • Rizkia Alingga G Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8105

Keywords:

Model Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Aplikasi E-Book

Abstract

Penelitian ini dilatar belakngi dengan kurangnya media pembelajaran tersedia bagi siswa kelas V di SDN 01 Nagari Sitiung dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan LKPD berbasis E-Book Creator. Pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D yang berfokus pada pembuatan produk berupa LKPD dengan menggunakan aplikasi E-Book Creator untuk materi Sistem Pernapasan di kelas 5 SDN 01 Sitiung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa meningkat saat mereka belajar menggunakan LKPD. Berdasarkan pengembangan, percobaan, dan evaluasi yang dilakukan, LKPD yang desain menggunakan aplikasi E-Book Creator, dibantu oleh Canva, efektif dalam mendukung pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi sistem pernapasan

References

Adha, A. (2023). Pengembangan Lkpd Menggunakan Liveworksheets Berbasis E-B00k Creator Pada Materi Sistem Pernapasan. Universitas Siliwangi.

Arini (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Di Desa Pedaw. MIMBAR PGSD UNDIKSHA.

Surya, Muhammad Subhan & Deded (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Dikelas Iv Sekolah Dasar

Arkadiantika, I., Dkk(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio -Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa.

Gustita’iroh, U. M. Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis E-Book Creator Pada Materi Sistem Pernapasan Di Mts Negeri 2 Pati.

Hanafi. (2022). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman.

Haqsari, R. (2024). Pengembangan Dan Analisis E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia Pada Materi Mengoperasikan Software.

Haziatun Syakira, Ratnawati, & Lika Apreasta. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ELEMEN MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Herlina, P., Dkk (2023). Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Di Sd.

Kependidikan, J. I., Dkk. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Canva Pada Kelas V Sekolah Dasar.

Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa, & I Made Citra Wibawa. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sekolah Dasar.

Kholifahtus, et al. (2021). Development of Electronic Student Worksheets (LKPD) Based on E-Book Creator.

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). Jurnal Metode Penelitian.

Miqro, Dkk. (2021). Efektifitas Lkpd Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Di Ypi Bidayatul Hidayah Ampenan Miqro.

Muhammad Hidayat, Muhammad Wahyono, D. W. (2016). Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Shelviana, S., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas V Sekolah Dasar.

Sumarni, S. (2019). Model Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (MANTAP). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21.

Susilawati, W. O., Rohma, F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tinggi, F. P., & Indonesia, U. D. (2023), (Anggraini, 2022. 3, 8367–83810).

Tegeh, I. M., dkk. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu.

Zahara, S., Fitriati, & Salmina, M. (2020). Pengembangan Perangkgat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Materi Kubus Dan Balok.

Published

2024-07-14

How to Cite

Subhan, M., Hader, A. E., & G, R. A. (2024). Pengembangan LKPD Menggunakan Aplikasi E-Book Creator Kelas V di Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 8(4), 2869–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8105

Issue

Section

Articles

Citation Check