Pengembangan Flashcard Media Berbasis Animasi Zepeto untuk Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8258Keywords:
Flashcard Media, Zepeto, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sejarah Kerajaan NusantaraAbstract
Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang menarik untuk mempelajari materi sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengembangkan flashcard media berbasis animasi Zepeto untuk pembelajaran IPS kelas IV tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, development, disseminate). Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian divalidasi oleh para ahli, menunjukkan bahwa validitas ahli materi sebesar 95% (sangat valid), validitas ahli media sebesar 96% (sangat valid), dan validitas ahli bahasa sebesar 75% (valid). Produk juga telah dilakukan uji coba yang terdiri dari uji coba satu lawan satu (97,5% sangat layak), uji coba kelompok kecil (96,6% sangat layak), dan uji coba field test (98,8% sangat layak). Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa produk flashcard media berbasis animasi Zepeto sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS materi Sejarah Kerajaan-Kerajaan di Nusantara bagi siswa kelas IV sekolah dasar
References
Amelia, C. R., Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). Analisis kebutuhan media video animasi 3d berbasis blender pada mata pelajaran ppkn di kelas v. Holistika, Jurnal Ilmiah PGSD, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.1-10
Amin, R. M. (2021). Theories of Learning Cognitivism and Islamic Education: Implications of Learning Cognitivism Theory in Islamic Education. International Journal of Islamic Studies, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.24252/ijis.v1i1.25524
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410
Arifannisa, M. Y., Hayati, Sepriano, Adnyana, I. N. W., Putra, P. S. U., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran (Teori & Penerapan). (Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia). https://www.google.co.id/books/edition/SUMBER_PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_T/oV63EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Arman. (2019). Media Flash Card. (Jawa Barat: Goresan Pena). https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_FLASHCARD/iiUrEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=media+pembelajaran,+flashcard,+sumber+belajar&printsec=frontcover.
Dwi Lestari, A., Wijayanti, R., Susilawati, L., & Rochsun. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Akm Pada Materi Perbandingan Menggunakan Scan Qr. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 311–317. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4189
Han, J., Heo, J., & You, E. (2021). Analysis of metaverse platform as a new play culture: Focusing on roblox and ZEPETO. CEUR Workshop Proceedings, 3026, 27–36. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247471708
Hikmalia, I., Sukamto, & Murniati. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 02 PAIT. International Journal of Elementary School, 2(2), 1–14. http://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes%0APENERAPAN
Impronah, & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Zepeto untuk Materi Metamorfosis Kupu-Kupu untuk SD/MI. EduBase?: Journal of Basic Education, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.392
Iswanto, Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 9(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.904
Lee, S.-H., Park, B.-S., Son, J.-M., & Han, J.-H. (2022). The Elementary Classes of Metaverse Map Creation for Global Citizenship Education. Journal of Digital Contents Society, 23(7), 1205–1212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.9728/dcs.2022.23.7.1205
Meliawati, E. (2020). Pengembangan Media Kanorado (Kartu Kronologi Sejarah Indonesia) Berbasis QR-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Mangkang Kulon 02 [UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]. In UNNES Repository (Vol. 10). http://lib.unnes.ac.id/31037/1/1401413030.pdf
Miftah, M. (2022). Peran, fungsi, dan Mamfaat Media Pembelajaran. (Bandung : Feniks Muda Sejahtera).
Miftahul Ulum, & Ahmad Fauzi. (2023). Behaviorism Theory and Its Implications for Learning. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 53–57. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.41
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892
Mustika Sari, E. S., Oktaviarini, N., & Sari, E. Y. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Animasi Zepeto Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sdn Ii Ringinpitu. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(3), 277–284. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1166
Ni Nyoman, T. P., Anak Agung, G. A., & Luh, A. T. (2022). Digital-Based Media Flashcards in Primary School English Learning, is it Effective? Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(2), 204–211. https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i2.54683
Putri, N. H., Yusuf, A., Prayuga, N. G. A. P., & Syafira, N. P. (2024). Learning Theory According To Humanistic Psychology and Its Implementation in Students. Progres Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i1.542
Rahmawati, R. D., Sulaikho, S., & Naba, F. A. (2021). The Application Of Flash Card Media To Improve Learning Outcomes Arabic Vocabulary In Materials Arabic Hijaiyah Animals. Multidiscipline - International Conference. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/ICMT/article/view/2294%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/ICMT/article/download/2294/991
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Salsabil, S. A., Amanda, D., Adilah, R. R., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Zepeto Sebagai Media Pembelajaran Budaya Islam Untuk Siswa Kelas 4 SD/MI. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1711. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1152
Sugiarti, W., Fatih, M., & Ni’am, F. (2023). Pengembangan Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Keanekaragaman Suku Bangsa dan Agama di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1465–1473. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5007
Sukma, F. M., Ratnaningsih, A., & Suyoto. (2022). Development of Learning Videos Based on Constructivistic Learning Theory on the Theme of 8 Areas I Live in Grade IV Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 157–167. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v3i2.255
Suntoro, R., Mauli Rosa Bustam, B., & Suyadi. (2021). The Humanistic Learning Theory as a Learning Approach in Overcoming Students Psychological Problems During the Covid-19 Pandemic. International Conference On Humanities Education, Law And Social Sciences, 137–148. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/22189
Supriyo. (2015). Pengaruh Buku Teks Dan Cetak Terhadap Hasil Belajar Di Sma N I Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Pada Kelas Xii. Ips Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 83–92. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.145
Suryani, Nunuk, Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Remaja Rosdakarya.
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Usman, H., Arsyaf, F., Aunurrahim, M., & Sri Yulianingsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349–357. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.756
Usman, H., Widyasusanti, M., & Sarifah, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933
Wani, A. S., Lubis, Y., & Rizky, S. (2023). The Influence Of Learning Media Flash Card And Picture In The Development Of English To Improve Childhood Speaking Skills. Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 100–107. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/mikailalsys.v1i2.1349
Wibowo, H. (2020). PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. (Jakarta : Puri Cipta Media). https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_TEORI_TEORI_BELAJAR_DAN_MODEL/wnQLEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teori+pembelajaran&printsec=frontcover
Wigalina, S., Muyasaroh, K., Aurora, U., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Video Animasi Zepeto Sebagai Media Dakwah Meneladani Sifat “Shiddiq” Rasulullah Saw Untuk Anak SD. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1617. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1111
Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241
Zhu, L., & Atompag, S. M. (2023). The Application of the Constructivism Theory in Enhancing Classroom Teaching. Journal of Contemporary Educational Research, 7(12), 209–213. https://doi.org/10.26689/jcer.v7i12.5792
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ni'matul Fadiyah, Yustia Suntari, Herlina Usman
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).