Pengaruh Komik Digital Batik Kudus terhadap Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ajeng Purbaniadatika Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8365

Keywords:

komik digital, literasi budaya, siswa sekolah dasar

Abstract

Pelajar perlu menguasai literasi budaya pada abad ke-21 ini, sebab membudayakan literasi menjadi langkah paling penting untuk pengembangan kemampuan dan wawasan pada peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik digital batik kudus terhadap literasi budaya dan peningkatan literasi budaya dengan penerapan komik digital batik kudus. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal di SD 2 Tenggeles dengan subjek penelitian kelas 5 yang terdiri dari 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital berpengaruh terhadap literasi budaya siswa dikarenakan hasi uji Paired T-test tersebut menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0.05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh signifikan antara media pembelajaran komik digital batik kudus dengan literasi budaya siswa. Penerapan media komik digital batik kudus mampu mempengaruhi peningkatan literasi budaya siswa sekolah dasar dengan adanya peningkatan antara skor pretest dan posttest dari rata-rata 62,77 meningkat menjadi 82,77. Peningkatan nilai tersebut memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,7684 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa komik digital batik Kudus berpengaruh terhadap literasi budaya siswa sekolah dasar karena kesesuaian gaya belajar, dimana saat ini adalah era digitalisasi  yang memiliki kemudahan dalam memperoleh maupun membagikan informasi.

References

Adawiyyah, R., Ermawati, D., & Fardani, M. A. (2023). Analisis Upaya Peningkatan Literasi di Kelas 2 SD pada Era New Normal. Prakarsa Paedagogia, 6(1), 529–536. https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.9638

P. Imaniar. (n.d.). Keunikan Rumah Adat Kudus sebagai Kearifan Lokal dan Refleksi Budaya Masa Kini rr?::4. 2. http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4456

Dalimunthe, M. (2019). Pengelolaan Literasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sabilarrsyad, IV(01), 104. https://core.ac.uk/download/pdf/337317397.pdf

Dewi, M. A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 10(2), 116–123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Dwi Yasa, A., Delawanti Chrisyarani, D., & Kanjuruhan Malang Jl Supriadi, U. S. (2018). Pengaruh Media Komik Tematik terhadap Hasil belajar Siswa kelas V SD. Seminar Nasional Multidisiplin. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/271

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720

Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal on Education, 5(3), 7430–7439. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1533

Ii, B. A. B., Multikultural, A., & Multikultural, P. (2016). Hujair AH. Sanaky, Dinamika Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia , Yogyakarta: Kaukaba, 2016, 186 9. 1921, 9–37. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/12616

Iman, B. N. (2022). Budaya Literasi dalam Dunia Pendidikan. Conference of Elementary Studies, 23–41. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14908

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Juliana, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 951–956. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.265

Karmila, F., Lamadang, P., Tampani, Y., Masita, E., Irianto, S., Diana, Lady, Febri, K., Pratama, F., Rayani, R., De, A., Magalhaes, J., Syamsijulianto, T., Sole, Y. Y. E., & Tahu, F. (2023). Literasi Budaya. www.adpraglobalindo.my.id

Kartikawati, D., Rajagukguk, D. L., & Sriwartini, Y. (2019). Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya |. 02, 168–176. https://doi.org/10.25077/ jantro.v22.n2.p168-176.2019

Kasus, S., Pekanbaru, D., Kabari, M. I., Hayati, R. M., & Ningsih, S. W. (2023). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar?: 1(2), 73–82. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.196

Maryanto, S. A. (2013). Bentuk dan Makna Nama-Nama Batik Kudus.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Nugraheni, A. I. Nu., & Umaya, N. M. (2020). Upaya Peningkatan Budaya Literasi pada Peserta Didik dengan Sastra Populer Karya Andrea Hirata. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 9–13. https://doi.org/10.26877/teks.v5i1.6320

Nur Haqiqi, & Benny Angga Permadi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I di MI The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 164–172. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.274

Nurjanah, I., Mudopar, M., & Rahayu, I. (2023). Komik Digital Berbasis Keberagaman Budaya Indonesia sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar. Deiksis?: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 98. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.8230

Prasetyo, A. A. (2017). Komik Digital Berbasis Android ( M- Learning ) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 316–327. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10988/7816

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Rokhimah, E. D. (n.d.). Pengembangan Media Komik Berbasis Cerita Anak untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Budaya dan Kewargaan pada Siswa Kelas Iv Sdn Mrican 1 (Vol. 7). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9280

Soedibyo. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Teknik Bendungan, 1–7. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7189

Stocks, N. (2016). ??No Title No Title No Title. 1–23.

Usman, L. D. L. D. R. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa, Literasi Budaya dan Kewargaan. Indonesian Journal of Educational Development Volume, 3(3), 312–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365078

Wanda, Silvia, D. (2023). Pengaruh Media Komik Digital terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. 16(2), 281–290. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097

Wulandari, D., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (n.d.). Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Journal on Education, 06(01). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4359

Published

2024-07-26

How to Cite

Purbaniadatika, A., Khamdun, K., & Purbasari, I. (2024). Pengaruh Komik Digital Batik Kudus terhadap Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3045–3052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8365

Issue

Section

Articles

Citation Check