Edukasi Debriefing Simulation Melalui Big Monopoly Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Mendukung Ketahanan Bencana Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB)
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8427Abstract
Kabupaten Klaten, sebagai bagian dari Provinsi Jawa Tengah, berada di jalur Ring of Fire dan memiliki risiko tinggi terhadap berbagai jenis bencana, seperti gempa bumi, erupsi gunung, banjir, dan tanah longsor. Pengetahuan mitigasi bencana di kalangan masyarakat, terutama anak-anak penyandang disabilitas, masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitigasi bencana melalui inovasi pembelajaran menggunakan permainan Big Monopoly berbasis Augmented Reality (AR) dan Debriefing Simulation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif yang melibatkan pengukuran tingkat pengetahuan awal siswa melalui kuesioner pre-test, pendampingan edukasi menggunakan teknologi AR, dan simulasi peran dalam situasi bencana serta evaluasi dilakukan melalui kuesioner post-test untuk menilai peningkatan pengetahuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam permainan Big Monopoly dan metode Debriefing Simulation secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana. Pendekatan ini terbukti efektif dalam menyampaikan materi mitigasi bencana secara interaktif dan menyenangkan. Para peserta didik mengikuti kegiatan Implementsi Permainan Big Monopoly berbasisi Augmented Reality (AR) dan Debriefing Simulation dengan antusias yang tinggi.. Kesimpulannya, inovasi metode pembelajaran ini berhasil meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kalangan siswa penyandang disabilitas, memberikan mereka pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi bencana secara mandiri dan proaktif.
References
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i1.2069
Anggraeni, D. (2024). Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Simulasi Kegempaan untuk Mitigasi Bencana. 1(2). https://coursework.uma.ac.id/index.php/informatika/article/view/1073
Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://Doi.Org/10.33096/Ilkom.V9i2.143.227-232
Azzahra, M. F. (2023). Efektivitas Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Di Tk Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–13.
Bahri, S., Ramadhan, A., Zulfiah, Z., Kololu, M., Aponno, S. V., & Elake, A. Y. (2024). Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Menggunakan Media Game Virtual Kepada Siswa SMA Angkasa Pattimura Ambon. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(1), 94–100. https://doi.org/10.59025/js.v3i1.200
Christine, C., Politon, F. V. M., & Ellen. (2021). Pengetahuan dan Sikap Guru Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di Daerah Rawan Tsunami Kota Palu. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 42–47. https://doi.org/10.33860/jik.v15i1.376
Firmonia, N. A., & Mufit, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Fluida Terintegrasi Literasi Baru Dan Bencana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi. Pillar Of Physics Education, 13(1), 09–16. http://Dx.Doi.Org/10.24036/8054171074
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.
Jang, J.-H., & Ha, K.-M. (2021). Inclusion of Children with Disabilities in Disaster Management. Children, 8(7), 581. https://doi.org/10.3390/children8070581
Khusna, A. N., Arifin, I., & Pramono. (2023a). Mega Monopoly Game for Disaster Mitigation Learning in the Context of Independent Learning for Children Aged 5-6 Years. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 276–283. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.60611
Khusna, A. N., Arifin, I., & Pramono. (2023b). Mega Monopoly Game for Disaster Mitigation Learning in the Context of Independent Learning for Children Aged 5-6 Years. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 276–283. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.60611
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Lahama, P. H. V., Sugiarso, B. A., & Rindengan, Y. D. Y. (2022). Earthquake Disaster Mitigation Interactive Learning Application for Children. Jurnal Teknik Informatika, 17(2), 151–160.
Lestari, S. A., Islaeli, I., Islamiah, I., Purnamasari, A., & Zoahira, W. O. A. (2022). Efektivitas Simulasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SMPN 1 Soropia di Wilayah Pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe: The Effectiveness of Disaster Simulation on Disaster Preparadness for Students of SMPN 1 Soropia about Eartquake and Tsunami in the Coastal Area, Soropia District, Konawe Regency. Jurnal Surya Medika, 8(3), 258–262. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4131
Mantasia, & Jaya, H. (2016). Model Pembelajaran Kebencanaan Berbasis Virtual Sebagai Upaya Mitigasi Dan Proses Adaptasi Terhadap Bencana Alam di SMP. Peadagogia?: Jurnal PenelitianPendidikan, 19(1), 1–14.
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Pradana, Y., & Oktavian, R. (2021). Perancangan Augmented Reality sebagai Media Edukasi Gempa Bumi. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Manufaktur, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.48182/jtrm.v3i1.68
Prayogi, S. F. (2024). Eksperimen Alat Peraga Pendidikan Tentang Gempa Bumi dan Mitigasinya untuk Anak Sekolah Dasar Dengan Fitur Augmented Reality (AR). Jurnal Desain Indonesia, 06(1), 111–125. https://doi.org/10.52265/jdi.v6i1.122
Probosiwi, R. (2013). Keterlibatan Penyandang Disabilitas Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 4(2), 77–86.
Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2021). The Development of Monopoly Game as Media for Science Learning at Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1786–1798. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.482
Rachmaditya, M. J., Susiatiningsih, H., & Alfian, M. F. (2022). Aktualisasi Arbeiter Samariter Bund dalam Bidang Pengurangan Risiko Bencana Inklusif di Provinsi Jawa Tengah. Journal of International Relations, 8(4), 644–658. https://doi.org/10.14710/jirud.v8i4.35491
Rahmawati, F., Nurlaela, E., Zulfa, L., & Tantri, A. M. (2022). Upaya Mempertahankan Ekonomi Keluarga dan Kesehatan Ibu di Masa Pandemi kepada Para Difabel. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2389
Rofi’i, A., Saputra, D. S., & Afri, D. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 344–350. https://doi.org/DOI: 10.31949/jee.v6i1.4754
Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Setyaningrum, Y. I., & Sukma, G. I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMA/SMK Malang Melalui Pendidikan Bencana Gempa Bumi Dengan Metode Simulasi. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 68. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2414
Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya Pengurangan Risiko Bencana Pada Kelompok Rentan. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1).
Susilawati, E., & Fahrozi, S. (2020). Utilization Of Rumah Belajar In Schools Affected By Earthquake Disasters. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 99–114. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1504
Ton, K. T., Gaillard, J. C., Adamson, C. E., Akgungor, C., & Ho, H. T. (2019). Expanding the capabilities of people with disabilities in disaster risk reduction. International Journal of Disaster Risk Reduction, 34, 11–17. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.11.002
Widodo, T. (2021). Pengaruh Metode Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik SMP Negeri 4 Cigeulis Kabupaten Pandeglang Dalam Menghadapi Ancaman Gempa Bumi. Jurnal Pendidikan Geosfer, 6(1), 36–44. https://doi.org/10.24815/jpg.v6i1.22133
Wijayanto, A. (2023). Implementasi Support System Sosial Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/5rnes
Yuwanto, L. (2022). Faktor Penghambat Perempuan Penyandang Disabilitas dalam Partisipasi Pengurangan Risiko Bencana: Studi Kasus Penyintas Bencana Gempa Lombok. Jurnal Dialektika, Sosial Budaya, 3(2), 16–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eva Yulianti, Alya Hamidah, Citra Dwi Pratiwi, Novandra Farhan, Widya Widi Lestari, Siti Hadiyati Nur Hafida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).