Pengembangan Media Digital Nesia Berbasis Mobile Phone untuk Meningkatkan Literasi Kewargaan pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Kesuma Dwi Wahyu Wigati STKIP PGRI Trenggalek, Indonesia
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek, Indonesia
  • Diyanti Jati Pratiwi STKIP PGRI Trenggalek, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8430

Keywords:

Media Digital, Ngaraku Indonesia, Literasi Kewargaan

Abstract

Pentingnya dunia digital modern memiliki peran dalam proses kemajuan Pendidikan secara nasional, khususnya dalam upaya meningkatkan literasi kewarganegaraan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menunjukkan hasil pengembangan media digital “NESIA” (Negeriku Indonesia) sebagai sarana pembelajaran pengajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi kewargaan di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Metodologi ADDIE mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Kabupaten Trenggalek yaitu SDN 1 Duren dan SDN 2 Sambirejo sebanyak 38 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian dilakukan melalui uji instrumen, uji skala kecil, dan uji skala lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media digital “NESIA” mendapat tingkat penerimaan yang tinggi dari ahli materi (100%), ahli bahasa (97,5%), ahli media (82,6%), dan ahli pembelajaran (100%). Masukan siswa mengenai media ini sangat positif, dengan tingkat kepuasan sebesar 93,3%. Selain itu, tingkat literasi kewarganegaraan siswa mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai 85%. Uji sampel berpasangan menghasilkan keuntungan yang signifikan secara statistik, dengan nilai signifikansi 0,001. Rata-rata persentase N-Gain sebesar 63,0948% termasuk dalam kategori “Efektif”. Pada akhirnya, platform digital “NESIA” terbukti ampuh dalam meningkatkan literasi kewarganegaraan siswa kelas IV dalam konteks Pendidikan Pancasila.

References

Aini, N., Kurniawan, A. D., Andriani, A., Susanti, M., & Widowati, A. (2023). Literature Review?: Semakin Kaburnya Moral Baik dan Buruk. Jurnal Basicedu, 7(6), 3939–3949. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6458

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.

Asmarani, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd/Mi Berbasis Android. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Indri Rahmawati, D., Amaliah, E., Adab, F., & Raden Intan Lampung, U. (2020). Peran Media Literasi Dan Informasi Dalam Pendidikan. Ilmu Perpustakaandan Informasi Islam, 01(02), 1–10. https://doi.org/10.24042/el pustaka.v1i2.8504

Isabela, L., Koroh, D., & Nalle, D. N. (n.d.). Penguatan Literasi Dasar sebagai Jembatan Generasi Emas NTT.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 3. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Nasrudin, M. W. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme Melalui Media Sosial. Jurnal Teladan, 4(2), 120–126. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/101

Nizar, F. H. Muhamad.(2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1, 28-37.

Nugraha, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744

Nugroho. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 853–862. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791

Prasetyo, M. A. (2021). Pengembangan media interaktif TV For Kids (Teacher Virtual For Kids) berbasis Android pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119

Qodr, T. S. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 45. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136.

Ramdini, D. F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV. Teaching, Learning and Development, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.24

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Saleha, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Tematik Pada Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Kelas 1 Sekolah Dasar (pp. 64–75). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Solihin, L., Pratiwi, I., Hijriani, I., Utama, B., & Gandasari, N. (2021). Membentuk warga negara yang demokratis: konstruksi literasi kewargaan dalam mata pelajaran PPKn. http://repositori.kemdikbud.go.id/24912/%0Ahttp://repositori.kemdikbud.go.id/24912/1/Puslitjak_2021_Membentuk_Warga_Negara_yang_Demokratis.pdf

Syamsiani Syamsiani. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 35–44. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274

Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 140. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12166

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos?: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Zohriah, A., Faujiah, H., Adnan, A., & Nafis Badri, M. S. M. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4081

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Wigati, K. D. W., Nugroho, W., & Pratiwi, D. J. (2024). Pengembangan Media Digital Nesia Berbasis Mobile Phone untuk Meningkatkan Literasi Kewargaan pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 8(5), 3898–3908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8430

Issue

Section

Articles

Citation Check