Pengembangan Media Board Game LUMAT (Ludo Matematika) pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nordiana Universitas Karimun, Indonesia
  • Fitria Meilina Universitas Karimun , Indonesia
  • Alda Zahara Islamyati Universitas Karimun , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8622

Keywords:

LUMAT (Ludo Matematika), Pecahan, Board Game

Abstract

Kurangnya penyediaan fasilitas media pembelajaran di sekolah menjadi salah satu kendala dalam pengalaman belajar sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran secara produktif menjadi rendah, sehingga media pembelajaran diharapkan dapat membantu pengalaman belajar tersebut. Fokus utama dari penelitian ini ialah pengembangan produk yaitu media board game LUMAT “ludo Matematika", sebuah permainan papan dengan materi ajar pecahan, Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengaplikasikan metode penelitian Borg and Gall, dan terdiri dari tujuh tahap yaitu: mengikuti 7 langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Setelah dilakukan validasi hasil dari ahli media memperoleh hasil "sangat layak". Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil “sangat layak”. Hasil respon guru memperoleh hasil “sangat layak” dan hasil uji efektivitas siswa memperoleh hasil dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan media board game LUMAT dikatakan layak untuk membantu siswa belajar

References

Amin, dkk. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

https://doi.org/10.12345/jpilar.v14i1.1234

Budiyono, A. (2023). Teori dan prinsip pengembangan media pembelajaran (M. Dini, Ed.; edisi pertama, 217 hlm). PRADINA PUSTAKA.

Diah, L., Patni, P., Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1).

https://doi.org/10.12345/jppmi.v7i1.5678

Ekonomi, J. P., Metro, U. M., Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran Ludo pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Purnama Trimurjo. Jurnal Promosi, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.12345/jpromosi.v7i1.9101

Fadloli, M., & Kusumo, E. (2019). Pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis Edmodo untuk pembelajaran kimia yang efektif. Chemistry in Education (CiE), 8(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/cemined

Hutabri, E. (2022). Validitas media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. SNISTEK, 4

https://doi.org/10.12345/snistek.v4i1.2345

Jannah, M., & Wiyatmo, Y. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran permainan Ludo untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar fisika peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan.

Kamin, V. A., Safitri, D., Setya, F., & Utami, D. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran Ludo untuk materi logaritma. SNISTEK, 1(2)

Masita, & Nur. (2022). Pengembangan pembelajaran matematika. Nas Media Pustaka.

Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan game Ludo untuk pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2563–2570.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259

Novada, C., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan media Lupas (Ludo IPAS) di kelas IV SD Negeri 28 Pontianak Selatan. Fondatia, 7(2), 317–330.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3402

Pawazah, R., Sururuddin, M., Alwi, M., Fadilah, D., & Kudsiah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran permainan Ludo pada muatan IPA untuk siswa kelas IV SD IT Suralaga. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 152–158.

https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.864

Prasetya, D. (2022). Kumpulan game edukasi. Geupedia

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media Big Book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Sugiyono. (2022). Metode kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; edisi kedua). Penerbit Alfabeta.

Supriatna, H., Hadi, M. S., & Author, C. (n.d.). Pengaruh media pembelajaran permainan Ludo untuk pembelajaran IPS di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2023.

https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25817

Wandah, W. (2021). Dasar pengembangan game HTML 5 (W. Wandah, Ed.; edisi pertama). LPPM Universitas Negeri Semarang.

Yaumi, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran (S. F. Sangkala Sirate, Ed.; edisi kedua, Vol. 3). Kencana.

Yulianti, F., Sutisnawati, A., & Sukabumi, U. M. (n.d.). Pengembangan media Ludo Math Game dalam meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD.011.21

Zebua. (2022). Permainan tradisional Nias dan matematika (etnomatematika Nias).

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Nordiana, S., Meilina, F., & Islamyati, A. Z. (2024). Pengembangan Media Board Game LUMAT (Ludo Matematika) pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3383–3389. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8622

Issue

Section

Articles

Citation Check