Peningkatan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPAS dengan Model Discovery Learning Melalui Media Solar di Sekolah Dasar

Authors

  • Imam Wahyu Nugroho Universitas Kristen Satya Wacana, Angola
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Abdi Rochman Sekolah Dasar Negeri Pulutan, Indonesia
  • Hastiningsih Moch Hasyim Sekolah Dasar Negeri Pulutan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8625

Keywords:

Discovery Learning, SolAR, Tata Surya, Hasil Belajar, Kognitif

Abstract

Masalah dalam penelitian ialah hasil belajar kognitif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial materi tata surya rendah dan belum mencapai KKM, selain itu pembelajaran berpusat pada guru dan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah menerapkan model discovery learning melalui media SolAR untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VI. Metode penelitian mengguanakan Penelitian Tindakan Kelas, serta menggunakan teknik tes dengan instrumen soal pilihan ganda dan non tes dengan instrumen observasi serta angket. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI sejumlah 7 anak. Hasil dari penelitian ialah peningkatan rata rata hasil belajar peserta didik dari pra siklus - siklus 2 mulai dari 67,1 menjadi 71,1 dan terakhir menjadi 86,4, perolehan tersebut sudah melebihi KKM sekolah yaitu 75. Sedangkan rata rata presentase ketuntasan dari pra siklus - siklus 2 sebesar 71%. Kesimpulan penelitian adalah model discovery learning dan media SolAR pada peserta didik kelas VI SDN Pulutan 2 Kota Salatiga efektif meningkatkan hasil belajar kognitifnya

References

Ahmad, Z., Ahmad, H., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 8(23), 514–521. https://doi.org/10.5281/zenodo.7421774

Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif Di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Era 4.0. Makmood publishing. https://books.google.co.id/books?id=nlQAEAAAQBAJ&printsec

Alianto, Hasan, R., & Irwandi. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom dan Whatsapp Mesenger Di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah. BIODIK, 7(4), 10–17. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13565

Ani, C. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.

Azizah, M. P., & Sejati, Rr. H. P. (2023). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(2), 316–325. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i2.22531

Cahyo, A. N. (2019). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler (Vol. 2). Diva Press.

Carrión-Robles, F., Espinoza-Celi, V., & Vargas-Saritama, A. (2023). The Use of Augmented Reality Through Assemblr Edu to Inspire Writing in an Ecuadorian EFL Distance Program. International Journal of Engineering Pedagogy, 13(5), 121–141. https://doi.org/10.3991/ijep.v13i5.38049

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli, 8(2). https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Erbas, C., & Demirer, V. (2019). The Effects Of Augmented Reality On Students’ Academic Achievement And Motivation In A Biology Course. Journal of Computer Assisted Learning, 35(3), 450–458. https://doi.org/10.1111/jcal.12350

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Kemenag, 1000, 1–6.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Mutiara, E. A., Nisrina, A. F., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Kwagamaan, 20(3), 2252–4371. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.596-606

Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2). https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.22699

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500–1507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2). https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (2nd ed., Vol. 1). Prenadamedia Grup.

Miller, B. S. (2015). The 6 C’s Squared Version of Education in the 21st Century. Accretive Media.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999). Cognitive Principles Of Multimedia Learning: The Role Of Modality And Contiguity. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368. https://doi.org/10.1037/0022-0663.91.2.358

Murdhani, I. D. A. S., Oktavia, Y. P., & Sholeh, M. (2023). Educational Media Introduction To Human Internal And External Organs For High School Students Based On Augmented Reality By Using The Assemblr Application. International Journal of Applied Sciences and Smart Technologies, 5(1), 89–100. https://doi.org/10.24071/ijasst.v5i1.5569

Nurfaizi, M., Ramdhan, B., & Juhanda, A. (2022). Efektivitas Media Augmented Reality Berbasis Smartphone Terhadap Kemampuan Komunikasi Visual dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(3), 99–109. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18857

Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Pratiwi, D. I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu [IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4126/

Pratiwi, R. D., Zativalen, O., & Kharisma, A. I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 1 SD Melalui Penerapan Benda Konkret Bangun Ruang. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 163–171. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5929

Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pecahan. Efektor, 7(2), 109–116. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978

Rahayu, B., & Fitriyani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 103–113. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i02.25931

Rahmi, N., Lailatussyifa, Umayroh, R., Husna, N. S., Octaviani, R., & Amaliya, N. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas I Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 418–425. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5342

Ramadiana, D. N., Asbari, M., & Laksana, R. P. (2024). Asesmen Nasional: Tolok Ukur Kualitas Pendidikan Indonesia?? JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.896

Rapor Pendidikan Indonesia, K. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.110

SAEMO QITIP. (2022). Mengenal Peran 6C dalam Pembelajaran Abad ke-21. Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/09/mengenal-peran-6c-dalam-pembelajaran-abad-ke21

Saputro, B. (2020). Pengembangan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Calon Guru IPA Era Revolusi Industri 4.0. Aswaja Pressindo.

Squires, D. (2017). Augmented Reality Application Classroom Development: New Technology And New Media, Education And Intelligent Classrooms. I-Manager’s Journal of Educational Technology, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.26634/jet.14.1.13581

Sudjana, N., & Rivai. (2020). Media Pengajaran. In Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sinar Baru Algensindo.

Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1). https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17072

Wulandari, Y., Refianne, F., & Estiyani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.13342

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Nugroho, I. W., Airlanda, G. S., Rochman, A., & Hasyim, H. M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPAS dengan Model Discovery Learning Melalui Media Solar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3356–3365. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8625

Issue

Section

Articles

Citation Check