Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Discovery Learning dengan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Dine Trio Ratnasari Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Yeni Sulaeman STKIP Syekh Manshur, Indonesia
  • Deby Fauzi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8658

Abstract

Proyek ini bertujuan untuk merancang dan menilai kepraktisan bahan ajar digital yang memanfaatkan pembelajaran penemuan dan realitas tertambah, serta untuk mengevaluasi respons pengguna dan kegunaan bahan-bahan ini dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dan pengembangan merupakan proses penelitian yang digunakan. Untuk menciptakan sumber daya pendidikan yang efektif, para peneliti menggunakan paradigma ADDIE. Instrumen seperti wawancara, survei, pertanyaan, lembar validasi ahli, dan kuesioner respons pengguna digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan sesuai untuk kursus Bahasa Indonesia untuk siswa kelas lima dengan fokus pada penulisan cerita pendek. Elemen yang disetujui meliputi kelayakan materi, bahasa, dan desain. Persentase hasil validasi ahli materi sebesar 71%. Dari validasi ahli bahasa 83% dan validasi ahli desain 90%. Respon pengguna sangat baik karena dari hasil analisis angket respon siswa kelas V dari siswa aspek kontinuitas isi sebesar 83%, aspek desain sebesar 83% dan aspek minat materi sebesar 80%. Bahan ajar yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN 1 Muara Ciujung Timur. Hal ini berdasarkan hasil uji effect size sebesar 93,33%.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Agus Santoso, Studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, (Yogyakarta: Jurnal Penelitian, 2010), hal. 3

Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Albonico, M., Engels, D., Savioli, L. (2004). Monitoring drug efficacy and early detection of drug resistance in human soil-transmitted nematodes: A pressing public agenda for helminth control. Int J Parasitol, 34: 1205-10.

Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Archambault, J. (2008). “The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques”. Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Azuma, R. T., (1997), A Survey of Augmented Reality, Presence : Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385. http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf

Bintoro, S. Rufi’I,Ach N,F. (2019). Augmented Reality DalamPembelajaran BAHASA INDONESIA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan .7(1). Universitas Adi Buana Surabaya. Surabaya. Jawa Timur

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar.

Jakarta: BSNP

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa.

Yogyakarta: CV Budi Utama

Depdiknas. (2017). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dick, Walter ; Carey, Lou & Carey, James O. (2009). The systematic design instructional. New Jersey : Pearson Education Upper Saddle River.

Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata kuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika universitas pendidikan ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI),5(3). Retrieved (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/9922) DOI:10.15575/jtk.v4i2.5659

Edison, Emron. et. al. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Ennis, Robert h. (1993). Critical Thinking Assessment. Theori Into Practice. Journal education.32 (3) 3. 179-186

Faiz, Fahrudin. (2012). Thinking Skill: Pengantar Berpikir Kritis. Yogyakarta: SUKA Press.

Farenta, ArviSekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016

Farenta, Arvi Sekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016

Fisher, J., & Ng, D. (2017). Presenting a 4-Item Spiritual Well-Being Index (4- ISWBI). Religions, 8(9), 179-192. doi:10.3390/rel8090179

Fransiska, M. dan Lestari, B.U. (2017). Penerapan Strategi Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep BAHASA INDONESIA. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 3(.1).173

Hake dan Richard. R. (1999). Analyzing Change /Gain Scores. Diakses dari laman web tanggal 19 Juni Hanafiah. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Haryadi, Sandi., Ery Tri Djatmika, Punaji Setyosari. (2017). Suplemen Buku Ajar Tematik Materi Energi Alternatif & Sumber Daya Alam Berbasis Kontekstual Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.2 (10) .73-78 Bulan Oktober

Hendra S. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6488/6712.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10 (1),48-52. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Johnson, E. (2011). CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa. Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian pendidikan penjasorkes. Bandung: Alfabeta.

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, K. E., &Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Lismaya, L (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya. Media Sahabat Cendekia

Mardiana, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Debat terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UNSIL: Tidak Diterbitkan Fakultas Teknik, 20 (1), Mei 2016.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13 (2). 174. Januari 2022

Mutiara S. Panggabean. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia. Nana, (2019). Pengembangan Bahan Ajar, Jawa Tengah: Lakeisha

Noviyanti. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran BAHASA INDONESIA di Kelas V MI Darul Ulum Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Nurdyansyah & Luly R. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes BAHASA INDONESIA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, 1( 2), 929-930.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi penerapan media kuis interaktif quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 6 (1), 72-83.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pratiwi, F.2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak. 24 November 2014.

Priatna, I Komang, I Made Putrama, Dewa Gede, And Hendra Divayana,(2017) Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada, 6

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. Ruseffendi, E.T. (2005). Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung Press

http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Rusnita,D.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi BAHASA INDONESIA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan dasar. l2 (2). Universitas Bengkulu . Januari 2022

Saurina, Nia, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. 3 (2)

Septryanesti, N. (2019) Desain Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia berbasis Blog pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4(2):202-215. Diakses tanggal 23 Desember 2021

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Surya Pratama, Friska. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Thomas, A. & Edson, A.J. (2019). A Framework for Teachers’ Evaluation of Digital Instructional Materials: Integrating Mathematics Teaching Practices With Technology Use in K-8 Classrooms. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 19(3), 351-372. https://www.learntechlib.org/primary/p/181387/.

Urlaela, E. (2015). Strategi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan berpikir keratif matematis serta menurunkan kecemasan matematis siswa SMP. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Winarni, E.W. (2012) Inovasi dalam pembelajaran BAHASA INDONESIA ,Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB Winarni, E.W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Winarni, E.W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Ratnasari, D. T., Sulaeman, Y., & Fauzi, D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Discovery Learning dengan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 4051–4062. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8658

Issue

Section

Articles

Citation Check