Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Bingo Games at the Fifth Grade

Authors

  • Ikrima Gina Mikala Universitasi Islam Syekh Yusuf, Indonesia
  • Nirna Nirmala Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia
  • Imam Sudarmaji Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8743

Keywords:

penelitian eksperimen, peserta didik, tes tertulis, penguasaan kosakata, traditional games, Aktivitas dan Hasil Belajar

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, merupakan hal yang sangat penting untuk berkomunikasi secara efektif. Namun, banyak pelajar yang kesulitan memahami teks karena keterbatasan kosakata dan strategi pembelajaran yang tidak efektif. Hal serupa juga ditemukan dalam pengajaran bahasa Inggris di Indonesia, di mana perbedaan struktur dan kosakata menjadi sebuah tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan Bingo dalam peningkatan penguasaan kosakata pada siswa kelas V SDN Perumnas 1 Cibodas tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan permainan Bingo dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data diperoleh untuk pre-test dan post-test, serta angket untuk menilai persepsi siswa terhadap metode Bingo. Hasil analisis menunjukkan bahwa permainan Bingo meningkatkan perolehan kosakata secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Uji statistik mengkonfirmasi perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dan siswa menunjukkan bahwa Bingo adalah metode yang efektif dan menyenangkan. Kesimpulannya, Bingo tidak hanya meningkatkan kosa kata, tetapi juga memotivasi siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, penggunaan Bingo sebagai alat untuk mengajarkan kosakata di sekolah dasar sangat dianjurkan

References

Aprilia, A. N., Mujahidah, & Ahdar. (2021). Enhancing Students’ Vocabulary Mastery by Using Bingo Game. Inspiring: English Education Journal, 3(2), 22–30. https://doi.org/10.35905/inspiring.v3i2.1452

Dalimunte, M. (2018). The implementation of simon says game to imrove students’ vocabulary mastery in learning English at MTS. Laboratorium UIN-SU Medan. Journal of Language, Literature & Education, 14(14), 43. https://doi.org/10.30829/vis.v14i14.297

Farhan, M., & Yon. (2022). The Effectiveness of Using Bingo Games Media to Improve Students Vocabulary Mastery. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(8.5.2017), 172–173. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikanbahasa.v9i1

Gea, H. (2023). Improving Students’ Vocabulary by Using Bingo Game at the Eighth Grade of SMP Swasta Idanoi in 2022/2023. JETAL: Journal of English Teaching & Applied Linguistic, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.36655/jetal.v5i1.1200

Jusman, J., Latifa, A., & Amaluddin, A. (2021). Students’ Vocabulary Mastery Before and After Taught Using Talking Stick Strategy. Exposure?: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(2), 180–189. https://doi.org/10.26618/exposure.v10i2.5352

Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977

Lelawati, S., Dhiya, S., & Mailani, P. N. (2018). The Teaching of English Vocabulary to Young Learners. Professional Journal of English Education, 1(2), 95–100. https://doi.org/10.22460/project.v1i2.p95-100

Masiyem, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Kegiatan Sehari-hari Melalui Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS). Journal on Education, 4(1), 50–61. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.406

Metroyadi, M., Rafianti, W. R., & Amelia, R. (2020). Kemampuan Memahami Makna Konsep Kosakata Bidang Ilmu Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), dan Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 46. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.110772

Muhayyang, M., Asriati, A., & G, H. (2023). Developing English Vocabulary Mastery of Students at SMPIT Ibnu Sina Makassar through Word Card Games. Celebes Journal of Language Studies, 3(1), 83–98. https://doi.org/10.51629/cjls.v3i1.128

Naodin, Y. (2022). Improving students’ vocabulary mastery using song and game in elementarySchool. 5(4), 681–687. https://doi.org/10.22460/project.v5i4

Noviyanti, R., Bahri, S., & Nasir, C. (2019). The Use of Think Bingo Game to Improve Students’ Vocabulary Mastery. Research in English and Education Journal, 4(1), 1–8.

Nurchurifiani, E., Nissa, R. N., & Febriyanti, F. (2021). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through the Keyword Technique At The Tenth Grade of SMAN 2 Tulang Bawang Tengah. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i2.28

Qomariyah, S. S., & Utama, I. M. P. (2020). Bingo Games in students’ vocabulary and reading comprehension. EnJourMe (English Journal of Merdeka)?: Culture, Language, and Teaching of English, 5(2), 170–177. https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i2.5056

Rahmasari, B. S. (2021). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Bingo Games. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 28. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2696

Sari, S. N., & Aminatun, D. (2021). Students’ Perception on the Use of English Movies To Improve Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.757

Winarti, S. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa SD Ditinjau dari Aspek Kelas Kata: Studi Kasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 6–16. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.890

Yowa, M. T., Beeh, N., & Snae, A. (2023). the Influence of Bingo Game on Seventh - Grade Students ’ Vocabulary Mastery At Surya Mandala Junior. 1(1), 27–37. https://doi.org/10.1357/l.v1i1.7

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Mikala, I. G., Nirmala, N., & Sudarmaji, I. (2024). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Bingo Games at the Fifth Grade . Jurnal Basicedu, 8(5), 4089–4096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8743

Issue

Section

Articles

Citation Check