UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN WAKTU MELALUI MEDIA JAM PINTAR PADA SISWA KELAS III-A SDN TLOGOMAS 2 KOTA MALANG

Authors

  • Yanuar Pristiwanto Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Devy Marini Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.90

Keywords:

peningkatan hasil belajar, pengukuran waktu, Jam Pintar.

Abstract

Proses pembelajaran tanpa media yang konkret akan mengakibatkan siswa kesulitan untuk memahami suatu konsep sehingga media konkret sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami konsep. Selain itu, pemilihan media juga perlu dipertimbangkan. Pemilihan media yang tepat akan meningkat hasil belajar siswa dan membuat siswa lebih fokus selama proses pembelajaran. Penelitian ini membahas penggunaan Jam Pintar sebagai salah satu media konkret yang dapat digunakan sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa tentang pengukuran waktu. Penelitian ini menunjukkan penerapan Jam Pintar dpat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SDN Tlogomas 2 Kota Malang yang pada tahap pra siklus 16,6%, meningkat menjadi 56,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ismail, dkk. 2000. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT.

Lusiana. 2018. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 2 (2), 32-39.

Maryani. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Group Investigation dengan Media Games Puzzle Pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3 (1), 60-65.

Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wina Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Pristiwanto, Y., Handayani, T., & Marini, D. (2019). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN WAKTU MELALUI MEDIA JAM PINTAR PADA SISWA KELAS III-A SDN TLOGOMAS 2 KOTA MALANG. Jurnal Basicedu, 3(1), 136–140. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.90

Citation Check