Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Yossa Arisanti, M Fachri Adnan

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930

Article Metrics

Abstract Views : 26 times
PDF Downloaded : 6 times

Abstract


Motivasi belajar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Keberhasilan belajar akan tercapai apabila adanya kemauan dan dorongan untuk peserta didik untuk belajar. Peneliitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash 8 yang valid, praktis dan efektif bagi peserta didik. Peneltian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh pada tingkat motivasi peserta didik berada pada rata-rata 65 dengan kategori sedang, kemudian setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan meningkat menjadi 95 dengan kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik. Pada pretest peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 77 kemudian terjadi peningkatan pada saat posttest dengan perolehan nilai rata-rata 93. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif memiliki pengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pesera didik

Keywords


Interactive Multimedia, Macromedia Flash 8 Software, Motivation and Student Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Andini, K. U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Dasar Matematika untuk Mahasiswa PGSD. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018 (pp. 1-8). Tangerang : FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Arsyad, M. A, P. dr. A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Dimyati, M. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitria, Y. (2014). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru SD Tentang Integrated Sains Learning. Pedagogi, XIV(2), 82–87.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1, 1–6.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Rachmadtullah, R. dkk. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Salim, A. (2011). Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) dengan Pendekatan Kontuktivitis dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Konsep Gaya.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Ii. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 75–78. Retrieved from http://ejournal.unsa.ac.id/ index.php/seruni/article/view/698

Siregar, E. H. N. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Bandung: Afabeta.

Suprihatiningrum, J. . (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tüzün, H. dk. (2009). The effects of computer games on primary school students’ achievement and motivation in geography learning. Computers and Education, 52(1), 68–77. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.008

Yudhiantoro, D. (n.d.). macromedia flash professional 8. Yogyakarta: Andi.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yossa Arisanti, M. Fachri Adnan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.