Implementasi Media Audiovisual Berbasis Aplikasi Game WordWall terhadap Literasi Baca Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9366Keywords:
Literasi Baca, Media audiovisual, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh implementasi media audiovisual berbasis aplikasi game wordwall terhadap keterampilan literasi baca siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan populasi dan sampel jenuh yaitu siswa kelas IV di SDN I Tamanan dan SDN I Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan dari pretest dan posttest yang di dapatkan oleh siswa di SDN 1 Tamanan dan SDN 1 Karanganyar memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh implementasi media audiovisual berbasis aplikasi game wordwall terhadap keterampilan literasi baca siswa kelas IV sekolah dasar. Sedangkan efektifitas penerapan media dalam kategori sedang (N-Gain 0,5709 ). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan efektifitas sedang, sehingga peneliti berharap bisa melakukan peningkatan efektifitas dilain kesempatan penelitian.
References
Afifuloh,M., Sulistiono., M. ( 2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual . (2023). Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211-216. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5346
Diansyah, A. R., Saputra, D. S., & Kurino, Y. D. (2019). Media Pembelajaran Big Book sebagai Penunjang dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 181-189).
Dewi, C., Rustiarini, N. W., Author, C., Ekonomi, F., & Denpasar, M. (2021). Literasi pada Perpustakaan Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 8–15.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi di TK Al-Aqsho Konawe Selatan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238
Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190–1196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Miller, J.W., & McKenna, M.C. (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315693934
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Sari, Widya Maya et al. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dengan Media Audiovisual Terhadap literasi Anak Kelompok B. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 72-90, july 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/5719>. Date accessed: 02 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i2.5719.
Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2024). Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8885
Sitorus, N. ., Purba, A. ., Siregar, A. ., Nainggolan, D. ., Nainggolan, D. ., Sitanggang, N. ., & Sipayung, V. . (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 51–54. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5677
Suharti, S. (2020). Belajar Mengajar Strategi (Issue October).
Surayya, S. A., Prasetyaningrum, A., & Lailawati, L. (2021). Pendampingan Optimalisasi Penggunaan mediA Pembelajaran Bahasa Inggris Sederhana untuk Meningkatkan Creativity Quotient. ABSYARA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4172
Tiara Febriani Harahap, & Zainal Efendi Hsb. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah?: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca dan Stimulasi untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogia, 21(1), 31. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540
Widyastuti, C. (2017). Tanggapan Siswa Kelas VII terhadap Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Pleret. Universitas Negeri Yogyakarta, 13(3), 1–102. http://www.albayan.ae
Wulandari, N. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66-73.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diyanti Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).